Agus Umar, Perwakilan PWI Kendal, secara simbolis menyerahkan KTA PWI Muda dan Sertifikat Orientasi Kewartawanan kepada Anto Suroto Saputra, di Restoran Pangestu, Jalan Arteri Kaliwungu Kendal. Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dengan selesainya orientasi kewartawanan yang telah dijalankan, diharapkan kedepan terus melakukan peningkatan kapasitas terhadap SDM Wartawan. Selain pandai dalam teknik menulis, harus juga menaati kode etik jurnalistik. Agar jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan dalam tugas jurnalistik.

“Dengan diterimanya KTA Muda PWI, otomatis sah menjadi anggota. Mari bersama-sama kita besarkan PWI melalui karya-karya jurnalistik yang Bermutu. Dan KTA PWI jangan disalahgunakan dalam tugas jurnalistik,” papar Setiawan H Kelana, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Tengah, dalam silaturahmi dan buka bersama Forum Wartawan Lokal Jateng (FWLJ) di Restoran Pangestu, Jalan Arteri Kaliwungu, Kendal Jumat, 7 Mei 2021.

Begitu juga dengan yang disampaikan oleh perwakilan PWI Kendal. Setelah sah menerima KTA Muda PWI Jateng, kedepan nantinya dapat menjalankan tugas jurnalistik dengan baik, sesuai kode etik Jurnalistik.

“Sehingga dengan demikian, ke depan dapat membentengi perilaku-perilaku wartawan yang melenceng dalam menjalankan tugas jurnalistik, agar nantinya tidak menjadi problem di kemudian hari,” pesan Agus Umar, mantan Ketua PWI Cabang Kendal dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, hadir pula Ketua dan Bendahara Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Kendal, yang berharap kedepan dapat selalu bersinergi dengan wartawan, dalam hal pemberitaan yang positif untuk mengangkat potensi daerah.

“Harapannya, ketika bertemu dengan rekan-rekan wartawan ini, bisa selalu bersinergi dan bermitra dalam pemberitaan yang positif, terutama dalam hal untuk mengangkat potensi-potensi desa di Kabupaten Kendal,” jelas Suyoto, Ketua Paguyuban Kepala Desa.

Sedangkan, Adi Setijawan, Ketua FWLJ menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, baik terhadap rekan-rekan wartawan atas partisipasi aktifnya dan  jajaran pengurus PWI Provinsi Jawa Tengah atas dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan silaturahmi dan buka bersama di bulan Ramadan ini.

“Harapannya kedepan dapat terus selalu bersinergi dengan PWI Jateng dan rekan-rekannya dalam menjalankan program-program selanjutnya. Sehingga dapat meningkatkan eksistensi rekan wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” kata Adi.

Secara simbolis, KTA Muda PWI dan Sertifikat Orientasi Kewartawanan diserahkan oleh Agus Umar, Perwakilan PWI Kendal kepada Anto Suroto Saputra (terkininews,com), Setiawan H Kelana, Sekretaris PWI Jateng menyerahkan kepada Siti Zubaidah (suarakartini.id), dan Adi Setijawan, Ketua FWLJ kepada Sugiarto (sumaterapost.co).

Hadir pada kesempatan itu, selain Sekretaris PWI Jateng, hadir pula Solikun, Wakil Ketua PWI Jateng Bidang Pendidikan dan Bachtiar, Bidang Keorganisasian.

Absa