blank
Kasat Lantas Polres Kendal AKP Heri Condro Ribowo dengan didampingi salah seorang anggotanya sedang memberikan arahan kepada para penumpang bus.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Sebuah bus pariwisata dengan sepuluh penumpang dari Tegal hendak ke Semarang, terpaksa dihentikan petugas Polres Kendal yang sedang melakukan penyekatan jalan di perbatasan Kendal- Batang, Sabtu(08/05/2021).

Selain karena tidak melengkapi surat- surat kendaraan dan surat keterangan swab antigen bagi penumpangnya, akhirnya sang sopir diminta untuk memutar balik kembali mobilnya ke arah Tegal.

“Bus pariwisata ini tidak ditempeli stiker khusus angkutan yang boleh membawa penumpang di masa larangan mudik. Saat petugas naik ke atas bus diketahui ada sekitar sepuluh penumpang yang hendak pulang kampung ke Demak, Semarang dan Boyolali. Tapi mereka tidak membawa surat swab antigen,”kata Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo.

Tak hanya sekedar menghentikan perjalanan bus saja, Kapolres juga memberikan arahan kepada penumpang dan awak bus pariwisata tersebut, bahwa apa yang dilakukannya telah menyalahi aturan yang ada.

“Sasarannya adalah kendaraan bernomor polisi luar kota akan kita dihentikan dan diperiksa surat keterangan swab antigen. Jika sudah mengantongi surat hasil swab antigen, maka dipersilakan melanjutkan perjalanan,”ujar Kapolres.

Sementara itu Kasatlantas Polres Kendal AKP Heri Condro Ribowo, mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan dari arah barat, yang masuk ke Kabupaten Kendal.

“Jika terbukti melakukan perjalanan mudik kendaraan akan kami suruh untuk putar balik ke daerah asal,” paparnya.

Menurut Kasatlantas, dari pelaksanaan selama dua hari terakhir sudah ada lebih dari 20 kendaraan yang diminta untuk putar balik.

“Hingga hari ini, sudah ada lima kendaraan yang hendak mudik untuk kami minta putar balik, sedangkan kemarin ada 15 kendaraan,”paparnya.

Selain memeriksa kendaraan bernomor polisi luar kota, petugas juga memberikan pesan kepada pengguna jalan untuk tidak mudik dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Petugas juga membagikan masker kepada pengguna jalan yang tidak memakainya,”pungkasnya.Sp-mm