blank
Mbah Katini bersama cucunya kini merasa senang, karena rumah mereka mendapat bantuan listrik mandiri. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mbah Katini (59) tersenyum bangga, ketika mendapat bantuan saluran listrik gratis dari pemerintah. Apalagi bantuan itu diberikan langsung oleh orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Katini merupakan salah satu warga Kota Semarang yang mendapatkan berkah di Bulan Ramadan. Warga Bandarharjo Semarang Utara ini, mendapat bantuan pemasangan listrik gratis dari PLN, yang diserahkan langsung oleh Ganjar, Kamis (6/5/2021).

Meski harus datang ke tempat penyerahan yang cukup jauh dari rumahnya, yakni di Kemijen Semarang Timur, namun Katini tetap senang hati untuk mendatanginya.

BACA JUGA: Ganjar Panjat Truk Guna Pastikan Tak Ada Penumpang

”Matur nuwun Pak Ganjar, saya sudah dapat bantuan listrik. Sakderenge kulo nyalur ting tonggone (sebelumnya saya minta saluran listrik dengan tetangga). Sebulan bayar Rp 50 ribu,” kata Mbah Katini.

Karena nyalur ke tetangga, Mbah Katini terpaksa berhemat. Hanya ada satu kipas angin dan dua lampu yang dipasang di rumahnya itu.

Pekerjaannya sebagai pembantu rumah tangga dengan penghasilan Rp 20 ribu per hari, membuatnya tak mampu memasang listrik mandiri. Suaminya yang kerja serabutan, juga tidak bisa diandalkan.

BACA JUGA: Pemkab Sukoharjo Bagi 3.000 Paket Sembako

”Sekarang Alhamdulillah sampun padhang (sudah terang). Sak niki sampun saget nonton TV. Putu kulo nggih seneng, omahe padhang. Matur nuwun Pak Ganjar bantuane,” ucapnya.

Sementara itu, Ganjar sendiri mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati saluran listrik mandiri. Tak hanya di pedesaan, di perkotaan juga masih ada.

”Kalau melihat seperti ini, kan tentu banyak. Mereka di antaranya tinggal dengan cara menumpang, status tanahnya nggak jelas, maka banyak yang tidak punya listrik,” ungkapnya.

BACA JUGA: Di Wonogiri, 5 Jenazah Dimakamkan Beruntun Secara Prokes

Ironis memang, di perkotaan seperti Kota Semarang masih ada warga yang belum memiliki sambungan listrik. Untuk itu, program bantuan sambungan listrik gratis untuk warga, akan terus digencarkan.

”Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Di tengah kota saja masih ada yang tidak punya, maka kita genjot untuk bantu. Sekarang PLN juga bantu dan mudah-mudahan bisa bermanfaat,” tegasnya.

Dengan adanya listrik, maka masyarakat diharapkan akan lebih produktif. Mereka diharapkan bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih optimal.

BACA JUGA: Polresta Banyumas Musnahkan 1.043 Botol Minuman Beralkohol

”Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan masyarakat, bisa lebih produktif sehingga ibu-ibu yang pinter masak bisa ditingkatkan, anak-anak belajar bisa lebih terang,” tambah dia.

Program pemberian bantuan listrik gratis pada masyarakat kurang mampu itu, akan terus ditingkatkan. Tak hanya dari anggaran pemerintah, bantuan dari pihak lain juga ditingkatkan.

”Sampai saat ini, sudah ada 40.170 sambungan listrik gratis yang telah diberikan,” pungkasnya.

Riyan-Sol