blank
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi saat meninjau Operasi Ketupat Candi 2021 di Pos Terpadu Nambangan, Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Foto: Dok/ist

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Wonogiri.

Kunjungan kerja Kapolda kali ini meninjau Operasi Ketupat Candi tahun 2021 di Pos Terpadu Nambangan, Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat (7/5/2021).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi, menyampaikan, kunjungannya ke Wonogiri ini terkait pengecekan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi tahun 2021, oleh jajaran Polres Wonogiri.

“Hari ini kita mengunjungi Pos Pam Terpadu Jembatan Timbang Nambangan, Selogiri. Kita ingin melihat pelaksanaan dan kesiapan anggota di lapangan dalam melaksanakan kegiatan Operasi Ketupat Candi 202,” kata Luthfi.

Kapolda juga menekankan terhadap pencegahan Covid-19 di Kabupaten Wonogiri. Karena Kabupaten Wonogiri merupakan wilayah tujuan perantau, tidak menutup kemungkinan dilakukan tracing, tracking terhadap pemudik di pos penyekatan ataupun terminal.

“Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu tujuan dari para perantau. Oleh karena itu harus di maksimalkan kinerja pos PPKM yang ada di desa-desa dengan melakukan pendataan terhadap pemudik yang datang di tingkat desa sampai dengan RT dan RW,” ucap Luthfi.

“Harus dilakukan prokes, apabila ditemukan adanya warga masyarakat yang positif Covid-19, agar melakukan isolasi mandiri. Babhinkamtibmas harus punya data warga masyarakat yang pulang kampung,” tukasnya.

Menurutnya, peran aktif Babhinkamtibmas sangat penting dan harus memiliki data warga yang akan pulang kampung dan datang ke wilayahnya untuk dilakukan tracking.

“Harus ada peran aktif dari RT dan RW untuk memantau warganya yang melakukan mudik dan masuk kewilayahnya,” ungkapnya.

Usai pengecekan di Pos Nambangan, Kapolda melanjutkan pengecekan di Terminal Giri Adipura Wonogiri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf. Imron Masyhadi, PJU polres Wonogiri, Kapospam Terpadu Nambangan AKP Edi Hanranto, SIP., dan personel gabungan Pos Pam Terpadu yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Dinkes, Dishub, Satpol PP, serta Senkom.

Ning