blank

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bupati Kudus H.M. Hartopo beserta Korem/073 Makutarama dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turun langsung meninjau penerapan protokol kesehatan di beberapa mall dan pusat keramaian, Jumat (7/5).

Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan disejumlah pusat perbelanjaan adalah untuk memantau penerapan protokol kesehatan yang diterapkan pihak pengelola.

“Kami datang dipusat perbelanjaan adalah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan yang diterapkan pihak pengelola apakah sudah terpenuhi atau belum untuk sarana penunjang prokesnya, seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh (thermo gun), hand sanitizer, dan lain sebagainya. Ada beberapa pusat perbelanjaan yang kami datangi Ramayana, Hypermart, dan ADA Swalayan,” jelasnya.

Menjelang hari raya idul fitri nanti, pihaknya tak ingin kecolongan tentang penerapan protokol kesehatan yang dapat menimbulkan penyebaran covid-19 akibat peningkatan jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan.

blank
Bupati Kudus HM Hartopo juga mengancam akan menutup mall yang masih melanggar protokol kesehatan. Foto:Suarabaru.id

“Saya tak ingin terjadi gelombang pasang akibat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus menjelang lebaran nanti. Makanya saya beserta Forkopimda sekaligus bersama Korem/073 Makutarama turun untuk mengecek protokol kesehatan ditengah padatnya jumlah pengunjung,” terangnya.

Hartopo juga melihat masih adanya pusat perbelanjaan yang tak memiliki satgas Covid untuk mengontrol arus kepadatan pengunjung. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar dipastikan ada satgas Covid yang tersebar dipintu masuk dan tempat belanja.

“Saya masih lihat kesemrawutan dari pihak pengelola, tak ada satgas covid yang bertugas untuk mengurai kepadatan pengunjung. Saya minta pada manajemen terkait untuk menata ulang terkait prokes di pusat perbelanjaan, utamanya pembentukan satgas Covid,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan, Bupati Kudus beserta Danrem dan jajaran unsur forkopimda Kudus berkesempatan membagikan takjil bagi masyarakat disekitar alun-alun Kudus.

Tm-Ab