blank
Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen Zein Musta;in menyerahkan cangkul kepada komandan Pasukan Air Lancar yang baru.(Foto;SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen mengandalkan Pasukan Air Lancar (PAL) yang siap bekerja 24 jam guna menjamin kelancaran pasokan air bersih bagi 32.681 pelanggan.

PAL dibentuk dan diprakarsai oleh Direktur Perumda PDAM Kebumen Zein Musta’in SE MM sejak Mei 2015. Mereka bekerja memastikan pasokan air lancar menjelang dan selama Lebaran Idul Fitri 1442 H normal dan lancar.

PAL sebagai tenaga terdepan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen memperoleh pembinaan dari Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono pada Kamis (6/5).

Menurut Zein Musta’in tugas PAL ini memantau sumber-sumber air baku yang dimanfaatkan, penggantian Komandan dan Anggota Pasukan Air Lancar, perbaikan dan pengadaan pompa cadangan, pemenuhan alat-alat perpipaan, bahan kimia ataupun pendukung lainnya.

“Tidak hanya pada saat lebaran, PAL sudah siap siaga sejak awal Ramadan 1442 H. Hal itu  agar kontinuitas pasokan air tetap terjaga dan stabil,” ujar Direktur Utama Perumda Air Minum/PDAM Kebumen Zein Musta’in.

blank
Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono memberi pengarahan kepada para karyawan Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa, Kamis 6/5.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Pembinaan dihadiri Asisten II Sekda Kebumen Drs Nugroho Tri Waluyo dan Kabag Perekonomian Yunita Prasetyani SE MA MEc Dev,  Kasubag BUMD Adi Buntoro SE MSi, dan Dewan Pengawas Ida Indrayani Achmal AP MT, di Aula Aroengbinang 2 Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen.

Pada kesempatan itu Direktur memberikan penghargaan atas kinerja dan dedikasi yang tinggi kepada Komandan Pasukan Air Lancar yang lama, Kusni SE, yang digantikan oleh Koman dan Pasukan Air Lancar yang baru, Tasliman, yang juga menjabat sebagai Kasubag NRW, Pemeliharaan, dan Perawatan Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Zein Musta’in didampingi Kepala Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian Suparno SE, mengatakan, target laba setelah pajak di triwulan pertama akhir Maret 2021 terlampaui, dari rencana Rp 569,7 juta terlampaui Rp 584,6 juta atau 102,6%.

Zein Musta’in menyampaikan jumlah pelanggan hingga akhir Maret 2021 sejumlah 32.681 Sambungan Rumah tersebar di 20 Kecamatan yang terlayani. Sedangkan enam kecamatan yang belum terlayani yaitu Kecamatan Bonorowo, Ambal, Buluspesantren, Padureso, Sadang, dan Karanggayam.

Sedangkan kinerja keuangan 2020 juga terlampaui dengan perolehan laba perusahaan setelah pajak sebesar Rp 3.378.305.945 (audited) dari rencana Rp 3.086.057.000 atau naik Rp 292.248.945  (109,46%)  dengan proyeksi deviden yang akan disetor di bulan Juni 2021 kepada Pemda Kabupaten Kebumen Rp 1.858.068.269 dari rencana Rp1.697.331.350.

Sekda Ahmad Ujang Sugiono menyampaikan, pada dasarnya semua pegawai Perumda PDAM Tirta Bumi Sentosa merupakana bagian dari karyawan Pemkab Kebumen. Sekda mengajak segenap karyawan terus melakukan kinerja terbaik dan menghindari sekecil mungkin kesalahan atau penyimpangan. Mengingat Perumda Air Minum bekerja untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Sekda mengajak segenap karyawan dan direksi Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa selalu mensyukuri dua nikmat Allah. Yaitu nikmat sehat yang hanya dirasankan saat sakit, dan nikmat bebas. Yakni bebas dari masalah hukum.

“Kami sampaikan selamat atas kinerja PDAM Kebumen yang menjadi nomor 5 terbaik di Jateng dan peringkat 26 tingkat nasional,”tandas Ahmad Ujang Sugiono.

Komper Wardopo