blank

SEMARANG– Tiga dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) Pundani Eki Pratiwi, M.Psi., Psikolog, Maria Yuliana Wangge, M.Psi, Psikolog, dan Gusti Yuli Asih, S.Psi., M.Si memberikan pelatihan Career Guidance dengan pendekatan Strength bagi Komunitas Guru BK SMK se Kota Salatiga baru-baru ini.

Menurut Pundani tujuan digelar pelatihan ini adalah agar siswa SMK diharapkan memiliki kematangan karir yang cukup baik dan siap bekerja ketika lulus sekolah.

Menurutnya ketika siswa sudah memilih untuk masuk ke sebuah sekolah kejuruan, diharapkan siswa ini sudah memiliki tujuan karir yang ingin dicapai, namun di lapangan banyak kendala yang siswa ini miliki, mulai dari permasalahan pemilihan jurusan setelah lulus bagi yang ingin melanjutkan kuliah, kemudian bingung karir seperti apa dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai karir tersebut, dan tentu saja kurangnya pengetahuan akan dunia kerja, terutama softskill yang dibutuhkan.

“Tidak hanya bekal pengetahuan dan hardskill yang siswa butuhkan dalam mengaruhi dunia kerja, tetapi bagaimana mereka harus mampu mengenali diri mereka sendiri dan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan karir yang diharapkan.” Ungkap Pundani.

“Pada kegiatan pelatihan ini, kami memberikan materi terkait tahap-tahap yang dapat bapak/ibu guru BK lakukan selama proses career guidance. Selain itu untuk mempermudah, juga kami berikan booklet, dimana siswa bisa mengisi booklet tersebut sebagai pedoman dalam langkah perencanaan karir mereka.” tambahnya

Di dalam tahapan career guidance ini, para guru BK diajarkan untuk mengidentifikasi tujuan dan permasalahan yang dimiliki siswa terlebih dahulu, mengingat setiap siswa memiliki tujuan dan masalahnya masing-masing.

Tahap kedua bapak/ibu guru diajarkan untuk membantu siswa mengenali kekuatan dirinya dan bagaimana cara membangun mindset yang baik yang dapat membantu siswa selama proses mencapai karir dan pada saat terjun ke dunia kerja.

Tahap ketiga yang merupakan tahap akhir, bapak/ibu guru diajarkan bagaimana membantu siswa untuk membuat tujuan karir dan action plan dalam mencapai karir yang diharapkan.

Diharapkan dengan pelatihan career guidance ini, para guru BK dapat membantu siswanya dalam mencapai kematangan karir yang baik, sehingga siswa SMK betul-betul dapat menjadi putra-putri bangsa yang siap bekerja dan mampu berkarir dengan baik menggunakan kekuatan yang dimiliki.

Saiful Huda-USM