blank
Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih bersama para pengurus DPD MUKI Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih berharap pengurus DPD Majelis Umat Kristen (MUKI) Kabupaten Kebumen bisa berperan aktif dalam pembangunan serta mendukung kearifan lokal.

Wakil Bupati Kebumen Ristiawati Purwaningsih menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Pelantikan DPD MUKI Kabupaten Kebumen Senin (3/5). Menurut Ristawati atas nama Pemkab Kebumen mengucapkan selamat kepada pengurus  DPD MUKI Kabupaten Kebumen yang telah dilantik.

Pelantikan di Grand Kolopaking Hotel dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut SPd MM,  Plt  Asisten 1 Edi Rianto, Kabag Kesra Wahib Tamam, perwakilan pejabat Kodim 0709 dan  Polres Kebumen.

blank
Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih memberi sambutan pada pelantikan DPD MUKI Kebumen.(Foto;SB/Ist)

Ristawati berpesan agar pengurus bekerja keras dan sungguh-sungguh untuk memperjuangkan hak serta  menyalurkan aspirasi masyarakat umat Kristen. Selain itu, memberikan warna agar selalu dirindukan oleh masyarakat luas dalam kebersamaan.

Menurutnya, pengurus harus bisa menjawab tantangan dan mendukung kearifan lokal serta siap berperan mendukung Pemerintahan untuk kesejahteraan masyarakat umat Kristen.“Selain itu, menciptakan iklim kondusif dengan melakukan koordinasi bersama majelis agama yang lain,”imbuhnya.

Selanjutnya, ia mendorong FKUB dan MUKI untuk melakukan dialog antarpimpinan dan antarumat beragama serta berkomunikasi yang baik sehingga menghasilkan sesuatu yang baik.

“Saya berharap MUKI dapat berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Kebumen. Sebentar lagi umat muslim merayakan Idul Fitri, teman-teman MUKI dapat membantu pengamanan seperti tahun lalu dengan menegakkan Protokol kesehatan,”ungkapnya.

Sementara itu Dewan Majelis Pusat MUKI Pdt. Mawadin Zega menuturkan dalam pelantikan ini salah satu dari 9 DPD MUKI di Jawa Tengah. MUKI sebagaio organisasi Kristen dengan tujuan  memperjuangkan aspirasi umat Kristen dalam menjalankan tugas-tugas dalam Negara.

Lebih lanjut, sebanyak 27 orang resmi dilantik terdiri dari penasehat, pengawas dan pengurus Kabupaten.

Hardi Nugroho selaku Ketua DPD MUKI pada Periode 2021-2026 menyampaikan,  segenap DPD MUKI Kebumen siap melakukan aktivitas bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten, Kementerian Agama, dan segenap ormas keagamaan lainn.”Kami akan menampung aspirasi umat Kristen dalam menjalankann aktivitas keagamaana.”

Komper Wardopo