Budi dan karyanya

JEPARA (SUARABARU.ID)- Melimpahnya limbah kayu jati bekas produksi furniture, dimanfaatkan oleh seorang perajin asal Jepara menjadi sebuah karya seni yang unik.

Limbah kayu jati yang biasanya digunakan untuk kayu bakar, di tangan Budi Mulyo warga Pecangaan Kulon, RT 02 RW 02, Kabupaten Jepara, dapat berubah menjadi karya seni yang bernilai  ekonomis.

Miniatur rumah Joglo karya Budi

Profesi yang digelutinya sejak tahun 2015 ini tidak lepas dari menurunnya order mengukir sebagai mata pencaharian utama.

Ketika dihubungi SUARABARU.ID, pria yang kesehariannya masih mengukir ini awalnya coba-coba untuk membuat miniatur bis dan truk. Terinspirasi dari banyaknya kendaraan bis dan truk yang ada di Jepara.

Budi dan karya kreatifnya

Kendaraan bis dan truk yang ada di Jepara mempunyai model yang sangat bervariasi dan full aksesoris. Sehingga miniatur yang dibuat Budi Mulyo ini sangat detil seperti aslinya.

Dari coba-coba tersebut, ternyata peminat miniatur buatan Budi sangat banyak. Saat ini pemesanan tidak hanya di dalam kota. Tetapi sudah merambah ke luar kota, seperti Semarang, Jakarta, Surabaya  dan Bogor.

“Miniatur yang kami produksi sekarang berkembang bukan hanya bis dan truk. Namun sesuai dengan pesanan dan selera konsumen. Bahkan ada yang pesan miniatur mobil Jeep dan rumah adat Jawa, Joglo”, ujar Budi.

“Untuk pemasaran kami masih mengandalkan media sosial. Kadang diikut sertakan pameran oleh Disperindag Kabupaten Jepara”, lanjut Budi.

Budi dan karyanya

Ketika disinggung soal omzet dari penjualan miniatur tersebut, Budi mengaku tidak ada patokan omzet perbulan. “Alhamdulillah cukup untuk kebutuhan keluarga”, tuturnya.

Untuk sebuah miniatur kendaraan model bis dan truk dibanderol dengan harga Rp. 1.500.000 dengan full aksesoris dan variasi detil seperti aslinya. Sedangkan untuk miniatur model jeep ataupun sedan harga bervariasi tergantung tingkat kesulitannya.

Budi menambahkan kendala dalam bisnis pembuatan miniatur ini terutama dalam hal pemasaran dan modal. Ditambah sulitnya bahan baku yang semakin sedikit. Pemesanan bisa melalui watsaapp 0823-2292-2170, Budi Miniatur Jepara (BMJ).

Ulil Abshor