blank
Keluarga besar Tresno Santoso saat menerima penghargaan Model Keluarga Kesalehan Berbakti ke-110, dari Education Bureau, Kaohsiung City Government, Taiwan, Republic of China. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Perayaan Hari Keluarga Internasional di Kota Kaohsiung, Taiwan, terasa begitu spesial bagi salah seorang siswa asal Indonesia Habibi Ilmi Adinata, yang mendapatkan penghargaan sebagai Model Keluarga Kesalehan Berbakti ke-110, dari Education Bureau, Kaohsiung City Government, Taiwan Republic of China, pada Sabtu (1/5/2021).

Penghargaan itu diberikan, setelah Habibi melalui proses seleksi yang diikuti siswa SD se-kota Kaohsiung. Dimana masing-masing siswa dinilai dari dokumennya, terkait lomba yang dikirimkan kepada panitia.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, Habibi yang saat ini duduk di bangku kelas 6 SD di Kaohsiung Municipality Gushan Elementary School, berhasil mendapatkan penghargaan yang diserahkan di National Science and Technology Museum-Kaohsiung City, pada Minggu (2/5/2021).

BACA JUGA: Inilah Tantangan Ulama Inggris Pada Muslim Indonesia

blank
Habibi sebagai pengurus perlindungan lingkungan, berfoto bersama kepala sekolah Kaohshiung Municipal Gushan Elementary School, Gao Yushan. Foto: dok/ist

Penghargaan yang diberikan itu, dimaksudkan sebagai penyemangat Habibi agar senantiasa berbakti kepada kedua orang tuanya.

”Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat siswa-siswi lain di Tanah Air, agar juga selalu berbakti kepada orang tua, disamping belajar yang rajin supaya berprestasi di sekolah,” pesan Tresno Santoso, ayahanda Habibi, dalam rilis persnya, Senin (3/5/2021).

Sedangkan ibunda Habibi, Era Budi Prayekti Ph D candidate di Department of Photonics-National Sun Yat-sen University Taiwan menuturkan, sebagai siswa yang menjalani kegiatan bersekolah dalam kesehariannya, dia juga membantu orang tuanya usai pulang sekolah.

BACA JUGA: Pemkab Diminta Serius Inventarisir Manuskrip dan Dokumen Sejarah

”Alhamdulillah, Habibi bisa mengikuti pelajaran dengan pengantar Mandarin setiap hari. Mata pelajaran yang disukai Habibi matematika, olah raga, ilmu alam, kaligrafi, dan menggambar,” ujar ibunda Habibi ini.

Prestasi Habibi ini layak untuk diapresiasi, mengingat baru pertama kali siswa Indonesia di Kaohsiung, Taiwan, mendapatkan penghargaan ini. Selain itu, Habibi memang siswa berprestasi, yang ditunjukkan setiap semester di kelasnya.

Habibi pernah mendapatkan nilai tertinggi untuk matematika, olah raga, kaligrafi dan menggambar. Dia juga pernah juga menjadi juara favorit lomba mengarang. Selain itu, Habibi pun pernah menjadi siswa teladan saat duduk di kelas 5 dan 6.

Saat ini, Habibi yang dulu pernah bersekolah di MIN Malang 1 hingga kelas 3, juga dipercaya sebagai pengurus perlindungan lingkungan di Kaohsiung Municipality Gushan Elementary School.

Riyan