blank
Salah satu peserta lomba adzan sedang menampilkan kebolehannya. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ramadan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar lomba keagamaan untuk narapidana (Napi) yang berlangsung di Masjid At Taubah Lapas Semarang, Senin (3/5/2021).

Untuk kegiatan yang dilombakan antara lain lomba adzan, Murotal Al-Quran, Asmaul Husna, dan ceramah yang diikuti oleh para Napi Lapas Semarang.

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto melalui Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan, Andi Rahmanto mengatakan, dalam kegiatan lomba ini minimal diikuti oleh dua perwakilan narapidana di masing-masing blok hunian yang menjadi peserta.

“Hari ini mulai berlangsung lomba adzan dengan peserta 30 Napi mulai dari kasus tipikor hingga kasus narkotika dan pidana umum lainnya,” kata Andi.

Dalam kegiatan lomba sendiri akan berlangsung selama empat hari kedepan. “Untuk hari ini dimulai lomba adzan, yang mana setiap peserta kami beri waktu 5-10 menit,” tuturnya.

Menurut Andi, dengan rangkaian lomba-lomba keagamaan ini, para narapidana mampu meningkatkan ilmu agamanya, sehingga menjadi pribadi lebih baik saat keluar dari penjara nanti.

Andi mengaku Lapas Semarang selalu mengedepankan kegiatan pembinaan untuk narapidana, khususnya dalam pembinaan keagamaan. “Kegiatan bersifat Islami untuk para WBP ini bertujuan meningkatkan kualitas keagamaan mereka, dan menambah ketaqwaan kepada Allah SWT,” jelasnya.

Para Napi terlihat antusias dalam mengikuti perlombaan. Mereka berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung sebagai ajang untuk menyalurkan bakat mereka.

Ning