Begini Rahasia Inovasi dan Strategi Sukses UKM Semarang
webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sekarang sangat terpengaruh dampak berat karena akibat  pandemi Covid-19 setahun belakangan ini.

 

Seperti diketahui, UKM memiliki peran penting dalam mempertahankan perekonomian bangsa. Tak hanya itu, UKM menyerap 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja. Selain itu menyumbang sebesar 60,34% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

 

Mendukung sektor UKM untuk bersaing dalam dunia digital, JNE mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Semarang, Senin (3/5/2021) siang.

 

Melalui webinar online ini, berharap dapat menjadi wadah bagi UKM di Indonesia. Khususnya di Semarang dapat untuk berbagi ilmu dan mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.

 

Kepala Cabang JNE Semarang, Wahyu Sangerti, dalam acara virtual webinar tersebut mengatakan, JNE Semarang terus melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan dengan menerapkan beberapa point yaitu sinergi dan kolaborasi.

 

“Kerja sama dengan berbagai pihak yang JNE percaya jadi kunci sukses di industri 4.0, lalu adaptasi dan inovasi. Selalu optimis dengan setiap situasi yang melanda saat ini. Terakhir, senantiasa mengembangkan potensi dan memanfaatkan peluang yang ada,” katanya.

 

Upaya bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder dalam melakukan gerakan kemanusian juga dilakukan oleh JNE Semarang. Salah satunya dengan bekerjasama dengan Yayasan Anne Avantie.

 

JNE berperan sebagai perusahaan logistik yang membantu mendistribusikan APD gratis ke seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, JNE Semarang juga kerap melakukan gerakan sosial rutin berupa santunan anak yatim dan kaum duafa, terutama saat bulan Ramadan.

 

Strategi Story Telling

Sementara itu, Roy Wibisono, Founder dan CEO Naruna yang hadir dari perwakilan UKM Kota Semarang membeberkan beberapa tips dalam berjualan di era digital.

 

Riset, strategi pemasaran yang tepat, serta story telling brand terbukti membuat Naruna sebagai brand keramik untuk tableware dan woodenware asli Semarang ini lebih menonjol ketimbang kompetitor. Bahkan selama pandemi, omzet Naruna naik 12 kali lipat.

 

Menurut Roy, pelaku usaha harus memiliki konten dan cerita yang kuat dalam narasi saat serta terus memberikan edukasi dan informasi serta kelebihan seputar produk kepada para calon pelanggan.

 

“Metode pemasaran story telling tersebut juga harus terdukung dengan riset terkini dan mengedepankan kualitas produk. Hal ini terbukti membuat penjualan Naruna selalu meningkat,” katanya.

 

Kolaborasi Membawa Berkah

Tak hanya itu saja, ada yang spesial di acara webinar JNE Ngajak Online 2021 yang kali ini hadir di Kota Semarang, yaitu hadirnya sosok wanita inspiratif indonesia Anne Avantie, yang sudah 30 tahun meniti karir di dunia fashion Indonesia.

 

Anne juga aktif bergerak di dunia kerja sosial lewat Yayasan Kasih Bunda yang menangani anak-anak penderita hidrocephalus. Sosok Anne Avantie juga masuk jajaran 48 Heroes of Philanthropy di kawasan Asia versi majalah bisnis Forbes.

 

Ia menyampaikan bahwa kolaborasi atau kerjasama yang baik dengan berbagai pihak itu akan melahirkan berkah yang bisa dibagikan kepada banyak orang lain. Menurutnya, memiliki hubungan yang baik dengan orang sekitar itu juga termasuk modal.

 

Selain itu, sudah semestinya bagi pemiliki usaha untuk pandai dalam memaksimalkan setiap kanal penjualan untuk mempromosikan produk kepada publik dan calon pelanggan.

 

Anne juga mengimbau para UKM untuk terus fokus dalam membangun usaha yang tidak hanya terfokuskan menjadi brand terkenal. Fokuslah menjadi sebuah bisnis dan usaha yang menghasilkan suatu hal yang bermanfaat bagi sesama, baik secara internal maupun eksternal nya.

 

“Memulai itu lebih sulit daripada menjalankan usaha. Yang sulit itu bagaimana kita harus memiliki stamina dan strategi pemasaran yang tepat  pada brand atau bisnis kita. Dan, bekerjalah sesuai passion atau bakat kalian sehingga kalian bisa enjoy dalam menjalankan usaha,” pungkas Anne.

 

Sebagai catatan, Semarang merupakan kota ke-21 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 yang sebelumnya telah terlaksana di Cilegon. Gelaran webinar ini turut hadir dalam rangka memperingati hari jadi kota Semarang yang ke-472 pada 2 Mei 2021.

 

Setelah Kota Semarang, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di kota Kendari pada 26 Mei 2021. Roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia, JNE Ngajak Online 2021 dimulai 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate.