blank
Salah satu penampil kesenian yang ikut dalam Road Show Panggung Kahanan di Kabupaten Banyumas. Foto: dok/ist

BANYUMAS (SUARABARU.ID)– Suasana di Aula Bank Jateng di Kabupaten Banyumas, Sabtu (1/5/2021) terlihat berbeda. Para seniman Begalan, asyik beraksi memainkan perannya membawakan kesenian lokal.

Penampilan kesenian Begalan itu dibawakan oleh kelompok Cakra Budaya. Aksi itu merupakan salah satu penampil dalam rangkaian Panggung Kahanan Session 3. Sebelum pentas itu, pada tahun lalu even yang sama dimainkan di Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah.

Kali ini, Panggung Kahanan diadakan secara road show. Sebelumnya, telah berlangsung di Kabupaten Kendal, Pati, Kota Magelang. Pementasan ini berlangsung secara virtual, yang bisa ditonton di channel YouTube maupun Facebook Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Keseruan Ganjar dan Buruh Jateng dalam Peringati May Day secara Virtual

Dalam Panggung Kahanan itu, ditampilkan Seni Begalan Cakra Budaya Banyumas, Tari Jalungmas dari Sanggar Bangkit Sekar Budaya, Jazzy Yudhistira, Vivaldi, Kang Ipin, musikalisasi puisi Wage Tegoeh Wijono, Key 8 Band, pemutaran film pendek Cinema Lovers Community, dan lainnya.

Acara ini diselenggarakan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang bekerja sama dengan seniman dan musisi Jateng yang tergabung dalam Jateng Musik Gram, dan didukung Bank Jateng.

Dalam kegiatan ini juga untuk mengumpulkan donasi seniman, yang bisa disalurkan di rekening Bank Jateng, atas nama Panggung Kahanan 2034 1919 19. Sampai Sabtu (1/5/2021) sore, sudah terkumpul donasi sebesar Rp 39.321.491.

BACA JUGA: Ganjar Berharap THR Dibayar Sesuai Jadwal dan Aturan

Ganjar sendiri menyatakan, Panggung Kahanan memang sengaja diadakan lagi. Dengan tujuan, agar seniman bisa kembali tampil. ”Sekarang tampilnya secara virtual. Ada karyanya. Bisa tampil. Insya Allah dapat rezeki,” kata Ganjar dalam sambutan virtualnya.

Dijelaskannya, meski saat ini tampil virtual, namun greget keseniannya tidak hilang. Maka bukan tidak mungkin, jika Panggung Kahanan akan terus bisa diadakan terus menerus.

”Kalau manggung, dampaknya banyak. Senimannya ikut manggung, soundman-nya ikut, MC-nya juga ikut,” ungkap Ganjar, membeberkan manfaat perhelatan Panggung Kahanan ini.

Dia juga memotivasi para seniman, untuk tetap bisa berkreasi. Termasuk tidak menutup kemungkinan berwirausaha. Bahkan pihaknya siap memberi pelatihan usaha kepada seniman Banyumas.

Riyan-Sol