blank
Talkshow UMKM Kota Magelang di ruang kerja Wali Kota Muchamad Nur Azis, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pandemi Covid-19 menekan perekonomian di Kota Magelang. Namun, pelaku usaha terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah ini memiliki ketahanan, sehingga mampu bertahan dan menggerakkan ekonomi agar terus tumbuh.

Hal itu terungkap dalam kegiatan ‘Talkshow Ketahanan Ekonomi Kota Magelang’ selama Pandemi yang digelar Harian Jogja bekerja sama dengan JNE di Ruang Kerja Wali Kota Magelang, kemarin.

Berbicara sebagai narasumber dalam kegiatan ini Wali Kota Muchamad Nur Aziz, Kepala Cabang JNE Magelang Bambang Kristiady dan Ketua Apindo Kota Magelang, Eddy Sutrisno.

Azis menerangkan, sebelum pandemi pertumbuhan ekonomi Kota Magelang rata-rata 5%, sekarang minus 2,4%. Pemkot Magelang terus mendorong pelaku ekonomi untuk selalu semangat dan berjuang.

‘’Kota Magelang terkenal sebagai Kota Jasa, jadi perekonomian di sini tergantung dari banyaknya orang yang datang ke Magelang. Tapi, menjelang Lebaran ini kita harus mengikuti keputusan pemerintah pusat bahwa tidak ada mudik dengan harapan tidak ada klaster [Covid-19] baru,’’ katanya.

Dokter spesialis penyakit dalam itu menjelaskan,  kekuatan terbesar perekonomian Kota Magelang adalah jasa konstruksi yakni 16%. Selain itu, ada jasa perdagangan, jasa kesehatan, jasa sosial bahkan jasa pengolahan sampah, yang akan mendorong masyarakat untuk tetap bekerja dan menumbuhkan ekonomi.

Adapun kelemahan Kota Magelang adalah minimnya lahan pertanian dan tidak adanya sektor kelautan.

Di bidang pertanian, Aziz mengatakan pemkot telah mengembangkan sistem pertanian di perkotaan atau urban farming menggunakan pupuk organik.

‘’Untuk investasi, saat ini investasi terbesar di Kota Magelang ada yang mau membangun di lahan bekas Magelang Theater. Namun, ada beberapa hal yang harus diselesaikan, kami akan memberikan deadline untuk segera menyelesaikan investasi itu,’’ ujarnya.

Selanjutnya, pemkot juga berencana membangun rumah kreatif yang akan menjadi tempat untuk  menghubungkan Pemkot Magelang dengan pengusaha dan swasta, sehingga ketiga pihak itu bisa bersinergi membangun Kota Magelang ke depan.

Bambang Kristiady menerangkan, sektor logistik menjadi salah satu yang dibolehkan beroperasi di masa pandemi Covid-19. Jasa pengiriman barang sempat menurun di awal pandemi, namun kini sudah stabil.

‘’Pada Ramadan dan mendekati Lebaran saat ini ada larangan mudik, tentunya berimbas pada peningkatan kiriman 30% atau satu juta kiriman per hari secara nasional,’’ tuturnya.

Ketua Apindo Kota Magelang Eddy Sutrisno mengungkapkan, kehidupan pengusaha selalu menghadapi tantangan. Antara lain krisis ekonomi pada 1998, 2009 hingga pandemi di tahun 2020. Namun, satu hal yang meningkat dari pengusaha adalah instingnya.

‘’Pengusaha melihat tantangan sebagai peluang untuk inovasi. Adaptasi pengusaha di Kota Magelang ini sangat hebat, terutama UMKM yang menjadi penopang ekonomi sebesar 60%. Kita melihat UMKM memiliki struggle of life, kalau kepepet jadi pinter. Jadi, sektor UMKM Kota Magelang tidak terlalu berdampak,’’ ungkapnya.

Dia menuturkan, Kota Magelang sangat unik karena memiliki sektor jasa, kuliner dan passing city yang dilewati arus besar dari Semarang. Karenanya, di dunia bisnis, peluangnya selalu terbuka. Selain itu, karakter masyarakat Kota Magelang sangat luwes dan memiliki solidaritas tinggi.

‘’Dengan adanya solidaritas, kompetisi tidak mematikan usaha lain, tetapi berkolaborasi. Misal pendanaan, di Kota Magelang tersedia bagi orang-orang yang kreatif. Ada banyak bank, mereka lebih banyak membantu UMKM terutama retail, bukan ke perusahaan besar,’’ ucapnya.

 

Penulis : prokompim/pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono