Anggota Polres Magelang menyerahkan bantuan kepada salah satu warga. Foto: Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Alumni pendidikan pertama bintara prajurit karier (Dikmaba PK) Polri Angkatan 16/1998 Polres Magelang melaksanakan bakti sosial. Kegiatan dilakukan dengan membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak covid-19, Jumat (30/4/2021). Kegiatan sosial itu dilakukan di wilayah Muntilan, Ngluwar dan Salam,  Kabupatem Magelang.

Ketua kegiatan baksos  alumni pendidikan yang juga dikenal dengan  sebutan Detasemen Sembilan Delapan (DSD) Polres Magelang, Iptu Abdul Muthohir SH, menyebut kegiatan digelar serentak di tiga kecamatan wilayah Kabupaten Magelang.

“Bakti sosial dilaksanakan di Congkrang, Kecamatan Muntilan, Karangkopek, Kecamatan Ngluwar dan di Kadiluwih, Kecamatan Salam secara bersamaan oleh perwakilan alumni yang telah dibagi tugas,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan DSD Polres Magelang peduli itu merupakan kepedulian terhadap sesama di tengah pandemi Covid- 19. Selain itu juga menjadi wujud pengabdian 23 tahun kepada masyarakat, khususnya warga Kabupaten Magelang.

“Ini kegiatan kemanusiaan yang kami kemas dengan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat yang terdampak Covid-19,  kami undang warga untuk menerima sembako. Selain itu kami juga door to door membagi sembako kepada warga tidak mampu,” tuturnya.

Dia juga menambahkan  selain kegiatan bakti sosial,  juga memberi tali asih kepada keluarga alumni almarhum Briptu Khundori yang dalam penugasan telah gugur sebagai pahlawan perdamaian di Aceh.

Dia pun menyampaikan kepada warga untuk selalu patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saat kegiatan kami wajibkan warga memakai masker dan kami mengingatkan warga agar selalu mencuci tangan, membatasi kerumunan dan tetap disiplin protokol kesehatan,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan membagikan bingkisan sembako secara door to door ke puluhan warga. Salah satu warga yang mendapatkan sembako, Susianah warga Congkrang menyatakan

berterima kasih dan sangat bersyukur dengan adanya kegiatan DSD Polres Magelang itu. Ibu empat anak yang suaminya pekerja serabutan itu tidak mempunyai pendapatan tetap untuk menghidupi keempat anaknya.

“Saya berterima kasih dan bersyukur hari ini ada bantuan sembako dari DSD Polres Magelang karena dapat membantu saya untuk memberi makan keluarga,” ujarnya.

Eko Priyono