blank
Sekretaris GPMB Kebumen Teguh Hindarto menyerahkan buku karyanya kepada Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti WIdayaningsih, Senin 26/4.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pimpinan DPRD Kabupaten Kebumen siap mendukung kegiatan Gerakan Pemasyarakat Minat Baca (GPMB) Kebumen guna meningkatkan minat baca dan kecerdasan masyarakat melalui budaya literasi.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti Widayaningsih SE saat menerima audiensi Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Kebumen dengan Pimpinan DPRD Kebumen, Senin siang (26/4).

Dua pengurus yang menghadap Pimpinan DPRD itu Ketua GPMB Kebumen Drs Komper Wardopo MPd dan Sekretaris GPMB Teguh Hindarto SSos MTh. Pada kesempatan itu Teguh Hindarto menyerahkan buku karyanya, Bukan Kota Tanpa Masa Lalu: Dinamika Sosial Ekonomi Kebumen Era Arung Binang VII kepada Yuniarti Widayaningsih.

Menurut Yuniarti, politisi dari Fraksi Partai Golkar itu, pada prinsipnya DPRD Kebumen siap mendukung kegiatan GPMB. Bahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen agar usulan program GPMB bisa diakomodasi pada APBD 2022.

“Salam hangat saya untuk segenap aktivis GPMB dan penggiat literasi Kebumen,”ujar wakil rakyat yang akrab disapa Sheli itu.

blank
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen Anna Ratnawati mengadakan rapat dengan pengurus GPMB Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Wardopo menjelaskan, GPMB merupakan organisasi sosial nonpartisan dan bersifat sukarela sebagai mitra Pemerintah. Di Pusat merupakan mitra Perpusnas. Di daerah GPMB bermitra dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen guna mendorong peningkatan minat baca dan literasi masyarakat.

“Rendahnya survai PISA pelajar Indonesia, merebaknya hoaks dan terkini generasi muda kita dicap sebagai pengguna media sosial paling tidak sopan di Asia, semua berkorelasi akibat masih rendahnya minat baca dan budaya literasi,”terang jurnalis Suarabaru.id itu.

Wardopo menyatakan, GPMB secara nasional memiliki mimpi besar mendorong kegemaran membaca dan peningkatan kecerdasan literasi di seluruh lapisan masyarakat. Hal itu bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai Pembukaan UUD 1945.

GPMB Kebumen menjalin kerja sama dan memiliki anggota dari unsur penulis, guru, dosen, organisasi profesi, penerbit, pengarang hingga dunia usaha. Bidang garap GPMB meliputi sekolah/madrasah dari PAUD-PT, keluarga dan masyarakat.

Sekretaris GPMB Kebumen Teguh Hundarto menambahkan, pihaknya siap menyukseskan Program Kerja  GPMB Pusat pada Rakornas 2020 mencanangkan satu desa satu GPMB. Tahap awal akan membentuk GPMB di 26 kecamatan dan saat ini sedang menyusun program kerja.

Teguh menyatakan, pengurus telah beberapa kali berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen Anna Ratnawati dan jajarannya.

Menurut rencana pengukuhan pengurus GPMB Kebumen akan dilakukan pada Agustus 2021 oleh Ketua GPMB Pusat dan dilanjutkan Seminar Nasional Minat Baca dan Budaya Literasi.

Pengurus GPMB Kebumen dari  berbagai unsur. Ada guru, dosen, sastrawan, wartawan, penulis, ASN utusan organisasi perangkat daerah (OPD), pecinta literasi dan pengusaha. Semula GPMB Kebumen akan dikukuhkan 2020. Namun adanya pandemi Covid-19 diundur Agustus 2021, bersamaan Hari Jadi Kebumen.

Komper Wardopo