blank

SEMARANG– Program Studi Sistem Informasi FTIK Universitas Semarang (USM) melakukan kegiatan pelatihan pembuatan konten sebagai media promosi digital kepada UMKM Kampung Sirih di Kelurahan Wonodri, Semarang Selatan baru-baru ini.

UMKM Kampung Sirih merupakan kumpulan dari ibu-ibu rumah tangga yang berkecimpung dibidang pelatihan, perawatan, sampai dengan mengolahan yang semua bahan bakunya menggunakan daun sirih.

Hasil pengolahan bahan baku daun sirih yang dilakukan oleh komunitas kampung sirih diantaranya mengolah tanaman serba daun sirih menjadi minuman tradisional dan kudapan lezat.

blankPelatihan ini dilakukan oleh dosen yang terdiri dari Nurtriana Hidayati, Prind Triajeng Pungkasanti, dan Nur Wakhidah dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Nurtriana Hidayati selaku ketua pelatihan mengatakan bahwa pelatihan pembuatan konten sebagai media promosi digital ini UMKM Kampung Sirih mengulas bagaimana cara menata objek foto dan mengambil foto dengan teknik fotografi yang benar sebagai media promosi digital.

“Pelatihan pembutan konten sebagai media promosi digital ini bertujuan memberikan pemahaman bagaimana menata obyek foto dan mengambil foto yang baik dengan Teknik fotografi” ungkap Nutriana.

Dalam sesi penyampaian materi Nur Edi Nurwahyu Julianto selaku pembicara dalam pelatihan ini mengatakan “Foto produk merupakan bagian dari advertising, karena dalam sebuah frame-nya harus bisa mencitrakan image sebuah produk. Kunci dari foto produk adalah bagaimana seorang fotografer bisa membuat citra yang terdapat dalam produk tersebut lewat angle dan juga konsep”.

Pelatihan tidak hanya terdiri dari pre test, penyampaian materi, latihan, dan post test tetapi hasil dari latihan para peserta dinilai oleh pembicara dan panitia untuk mencari hasil foto yang terbaik. Hasil foto terbaik diberikan doorprice oleh panitia sebut Prind Triajeng Pungkasanti.

Pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari para pelaku UMKM Kampung Sirih Semarang. Harapannya dengan adanya pelatihan pembuatan konten ini para peserta akan mendapatkan pengetahuan bagaimana mengambil foto sesuai dengan Teknik fotografi yang benar.

Konten foto yang benar akan dapat meningkatan penjualan produk dan memperluas jangkauan promosi produk yang ada di Kampung Sirih Semarang, ujar Nur Wakhidah.

Saiful Hadi – USM