blank
Rakor Forkompimcam dan Satgas Covid Kecamatan Puhpelem, Wonogiri, memutuskan untuk mendiadakan Pasar Beduk selama Ramadan.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Selama Bulan Ramadan, aktivitas keramaian perniagaan Pasar Beduk di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, ditiadakan.

Pasar Beduk, ramai di siang bolong (beduk) untuk kegiatan transaksi jual beli warga masyarakat. Sebagai pasar tradisional, Pasar Beduk ini termasuk spesifik.

Meniadakan keramaian Pasar Beduk, diputuskan Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Pendapa Kecamatan Puhpelem (sekitar 70 Kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Rakor dipimpin Camat Puhpelem, Jaiman, didampingi Danramil-24 Kapten (Inf) Tono bersama jajaran Forkompimcam dan instansi terkait lainnya. Rakor membahas kegiatan Bulan Ramadan 1442 H.

Terbatas
Dalam Rakor tersebut, juga menyepakati ketentuan bahwa warung makan diperolehkan tetap buka, dengan memberikan pelayanan secara terbatas.

blank
Dandim Letkol (Inf) Imron Masyhadi (berdiri di podium), menyampaikan sambutan dalam acara Komsos bersama keluarga besar TNI-AD.

Untuk ibadah di bulan suci Ramadan, dilaksankan dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat. Makan sahur dan buka bersama (Bukber) ditiadakan.

Shalat tarawih dapat diselenggarakan di masjid, dengan menerapkan Prokes pencegahan wabah virus corona secara ketat. Jumlah jamaah dibatasi, untuk dapat mewujudkan jaga jarak.

Jamaah yang shalat di masjid, memakai masker dan bawa sajadah sendiri. Takmir masjid mengupayakan sterilisasi ruangan dan menyediakan tempat cuci tangan memakai sabun.

Komsos
Sementara itu, Kodim 0728/Wonogiri pimpinan Dandim Letkol (Inf) Imron Masyhadi, menggelar komunikasi sosial (Komsos) dengan keluarga besar TNI-AD.

Komsos mengambil tema ”Melalui forum silaturahmi dengan keluarga besar TNI perkuat Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.”

Kegiatan ini dibuka Dandim Letkol (Inf) Imron Masyhadi. Dihadiri Ketua LVRI, Ketua Pepabri, Ketua PPAD, Ketua Hipakad, Pengurus FKPPI dan Ketua Perib.

blank
Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim Wonogiri, Ny Imron Masyhadi (kedua dari kiri) menyampaikan sambutan pada pertemuan dengan pengurus.

Penerangan Kodim Wonogiri, Serma Indra, menyatakan, acara itu digelar dalam upaya memelihara serta meningkatkan keeratan hubungan keluarga besar TNI-Polri dan TNI-AD.

Pejuang
Tujuannya, demi menjaga ikatan mitra pejuang untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menyambut Bulan Ramadan 1442 H, pengurus Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XLIX Kodim 0728 Wonogiri, mengadakan pertemuan dan membagikan uang tabungan istri prajurit.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, pembagian tabungan tidak diberikan langsung ke masing-masing anggota, namun melalui perwakilan dari tiap-tiap Ranting.

Bambang Pur