blank
Dialog Bupati Blora, H. Arief Rohman bersama  Kepala Bank Jateng Cabang Koordinator Pati, Marsudi  dan Kepala Bank Jateng Cabang Blora, Tri Nugroho di  Kampung UMKM Blora.  Fto: ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Sebagai wujud keberpihakan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bupati H. Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati terus berupaya menggandeng kalangan perbankan untuk melakukan pendampingan.

Salah satunya adalah Bank Jateng. Bertepatan dengan HUT-nya yang ke-58, Bupati bersama jajarannya memanfaatkan momentum ini untuk berdialog dan membangun komitmen bersama dengan Bank Jateng untuk memajukan UMKM di Kabupaten Blora.

“Ini sebagai salah satu langkah dukungan pengembangan UMKM di Blora dengan menggandeng Bank Jateng, sesuai dengan tagline kita Sesarengan mBangun Blora,” ungkap Bupati dalam acara talkshow “Ngobrol Bareng Bupati” dengan tema “Bank Jateng siap Sesarengan mBangun Blora Bersama UMKM”, Jumat pagi di Kampung UMKM Blora.  (10/04/2021)

Bupati Arief Rohman juga mengungkapkan keinginannya untuk memajukan sektor UMKM dengan menggagas adanya paket oleh-oleh khas Blora.

“Kita ingin kedepan ada paket oleh-oleh khas Blora yang berisi berbagai produk unggulan UMKM. Bisa dikawal dan dibina oleh perbankan dan OPD teknis terkait. Jadi setiap ada tamu datang ke Blora tidak bingung cari oleh-oleh,” jelas Bupati.

Menurut Arief Rohman, di masa pandemi ini salah satu  sektor yang masih bertahan adalah UMKM. Oleh karena itu, pihaknya menginginkan agar pendampingan yang dilakukan oleh Bank Jateng terhadap pelaku UMKM dapat terus ditingkatkan.

“Terima kasih atas peran dari Bank Jateng dalam memajukan UMKM Blora. kita harus mendukung keberadaan UMKM sebagai salah satu roda penggerak ekonomi kerakyatan. Saya berharap, dukungan dari Bank Jateng kepada pelaku UMKM dapat terus ditingkatkan, baik dari sisi permodalan, pelatihan, dan lainnya,” lanjut Bupati.

Dengan demikian, cita-cita agar lahir entrepeneur – entrepeneur baru dari kalangan milenial dapat terwujud. Hal ini diyakini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Blora.

“Kita juga harus bisa mengajak pasar-pasar modern seperti alfamart dan indomart agar mau berkontribusi memajukan UMKM Blora dengan ikut memasarkan produk-produk UMKM,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Bank Jateng Cabang Koordinator Pati, Marsudi mengungkapkan bahwa Bank Jateng ikut memajukan sektor UMKM dan mikro di Jawa Tengah dengan cara membangun UMKM Binaan di setiap cabang sekaligus penyaluran KUR bagi para pelaku UMKM.

“Bank Jateng sudah membangun Kampung-kampung UMKM di setiap cabang se-Jawa Tengah. Hal ini dalam rangka turut serta secara aktif memajukan sektor UMKM di Jawa Tengah,” jelas Marsudi.

Menanggapi hal tersebut, Bupati H. Arief Rohman mengungkapkan bahwa Pemkab Blora akan terus melakukan inovasi demi kemajuan sektor UMKM di Blora. Produk-produk UMKM akan lebih digenjot promosinya supaya lebih dikenal luas.

“Biasanya saya kalau dari luar kota selalu diberi oleh-oleh dengan kemasan-kemasan yang menarik. Nah ini mungkin bisa diterapkan juga di Blora. Jadi, ketika ada tamu berkunjung ke sini, kita beri oleh-oleh khas Blora. Hal ini akan menjadi media promosi yang efektif juga,” tandas  Arief Rohman.

Sementara itu, Kepala Bank Jateng Cabang Blora, Tri Nugroho  mengungkapkan bahwa Bank Jateng Cabang Blora sudah melakukan inovasi digital berupa aplikasi e-wallet, yaitu QRIS. Melalui QRIS, para pelaku UMKM dapat memasarkan produk-produknya sekaligus melakukan transaksi secara digital.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk dukungan kepada perekonomian daerah bahkan nasional,” jelas Tri Nugroho.

Sebelum acara ngobrol bareng, juga diawali dengan acara Gowes Charity yang menempuh jarak 5 km. Gowes Charity dibuka oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman dengan garis start di halaman kantor Bank Jateng di Jalan Pemuda Blora, dan finish di Kampung UMKM Blora. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Blora, Forkopimda, Sekretaris Daerah Blora beserta para Kepala OPD.

Kudnadi

 

 

,