blank
Pembukaan pelatihan sukarelawan LPBI NU Kebumen di SMK Maarif 6 Ayah.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Kebumen menggelar pelatihan peningkatan kapasitas sukarelawan bencana di 26 Majelis Wakil Cabang (MWC) NU se-Kebumen.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana Kabupaten Kebumen Eko Widiyanto mewakili Bupati Arif Sugiyanto. Acara dihadiri  Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto dan Plt kepala Pelaksana BPBD Kebumen Teguh Kristiyanto, di SMK Maarif 6 Ayah. Hadir pula Ketua MWC NU Kecamatan Ayah, Rowokele, Sempor, Buayan, Gombong dan Kuwarasan.

Ketua LPBI NU Kebumen Kabupaten Kebumen Mukhsinun SHI MEI kepada Suarabaru.id Sabtu (10/4) menjelaskan, pelatihan sukarelawan 26 MWC NU tersebut didasari kondisi potensi daerah sekaligus ancaman bencana di Kabupaten Kebumen.

Menurut Mukhsinun, Kebumen memiliki potensi kekayaan alam, seperti pantai selatan sepanjang 57 km dan perbukitan/pegunungan di bagian utara. Potensi tersebut juga menjadikan Kebumen salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki tingkat kerawanan bencana sangat tinggi.

Ancaman bencana alam maupun nonalam tak mungkin dihindari sehingga kapasitas masyarakat dan sukarelawan NU di 26 kecamatan perlu terus ditingkatkan. Adapan risiko bencana alam di Kebumen meliputi banjir, tanah longsor, kebakaran, angin puting beliung, gempa bumi, dan tsunami maupun bencana pandemi Covid-19.

Untuk itu Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kebumen melalui LPBI NU Kabupaten Kebumen melakukan upaya peningkatan kapasitas organisasi dan masyarakat. Pelatihan Sukarelawan LPBI NU di 26 Kecamatan atau Nahdlatul Ulama tingkat Majelis Wakil Cabang (MWC) se-Kebumen guna membangun kapasitas masyarakat pada kesiapsiagaan bencana.

Kegiatan tersebut bertujuan membangun ketangguhan masyarakat kabupaten kebumen terhadap bencana dan sekaligus meningkatkan kapasitas internal organisasi serta membangun kemitraan dengan berbagai pihak.

Pelatihan Sukarelawan LPBI NU Kabupaten Kebumen itu diikuti 160 orang relawan. Mengingat situasi pandemi Covid-19, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta pelaksanaannya dibagi dalam 4 tahap. Pemateri dari BPBD dan PMI Kebumen.

Pelatihan Sukatelawan Tahap 1 di wilayah barat (MWC di bagian barat) yang saat ini berlangsung di SMK Maarif 6 Ayah atau MWC NU Kecamatan Ayah mulai 9 – 11 April 2021. Selanjutnya setelah Lebaran akan dilanjutkan  Tahap 2 di wilayah timur (MWC di bagian timur), rencana akan bertempat di wilayah MWC Kutowinangun.

Tahap 3 di wilayah selatan (MWC di bagian selatan) akan dilaksanakan di wilayah MWC NU Klirong, dan Tahap 4 di wilayah utara (MWC bagian utara) akan dilaksanakan di wilayah MWC NU Karangsambung.

Komper Wardopo