blank
Pelepasan burung merpati sebagai simbul deklarasi SMPN 1 sekolah ramah anak. ( Foto : Dita )

JEPARA (SUARABARU.ID)-Deklarasi Sekolah Ramah Anak SMP Negeri 1 Bangsri dilaksanakan pada hari Kamis, (8/4) yang dihadiri oleh sejumlah pejabat antara lain dari Dinas Dikpora Kabupaten Jepara, Kecamatan Bangsri, Polsek Bangsri, Koramil Bangsri, Puskesmas Bangsri, Petinggi desa Bangsri, dan Komite Sekolah, dan juga dihadiri oleh wakil orang tua siswa dan alumni.

Sekolah Ramah Anak SMP Negeri 1 Bangsri mempunyai jargon ‘Essaba Ceria Berjaya’. ‘Ceria’ adalah kondisi siswa yang diharapkan yaitu Cekatan, Energik, Riang, Indah, Aman. Dalam deklarasi ini menyatakan 7 butir komitmen Sekolah Ramah Anak yang dibacakan oleh Kepala Sekolah bersama-sama dengan seluruh warga sekolah dan stakeholder di lingkungan sekolah.

blank
Penandatanganan komitmen sekolah ramah anak olehg Kabid SMP Disdikpora Haryanto,.( Foto : Dita )

Dalam sambutannya, Ngatno, S.Pd selaku Kepala Sekolah menyatakan bahwa SMP Negeri 1 Bangsri merupakan salah satu sekolah negeri yang ditunjuk sebagai Sekolah Ramah Anak, sehingga sebagai lembaga pendidikan tidak boleh ada diskriminiasi dan tidak boleh menolak siswa penyandang disabilitas, dan program ini merupakan lanjutan dari program Sekolah Anti Radikalisme dan Vandalisme.

Selanjutnya, Ngatno juga menyatakan bahwa siswa akan mendapat jaminan keamanan dan kenyamanan di sekolah, tetapi jangan dijadikan alasan untuk melakukan tindakan yang keliru.

blank
Penandatanganan komitmen oleh Kepala SMPN 1 Bangsri, Ngatno S.Pd ( Foto Dita )

Sebagian siswa yang hadir terdiri dari Pengurus OSIS dan ketua kelas yang berperan sebagai ujung tombak untuk dapat memberikan informasi kepada teman-temannya bahwa SMP Negeri 1 Bangsri adalah Sekolah yang Ramah Anak.

Sementara itu, Haryanto, S.IP, M.M,  Kabid SMP Dinas Dikpora Kabupaten Jepara juga memberikan apresiasi yang sangat besar untuk SMP Negeri 1 Bangsri yang telah mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak, semoga program ini berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi semua pihak.

blank

Tim Sekolah Ramah Anak yang diketuai oleh Dra. Tutuk Fauziyah mempunyai program untuk mewujudkan sekolah  ramah anak yang menyenangkan dalam proses pembelajaran, melakukan disiplin tanpa merendahkan siswa, tanpa kekerasan, dan lebih menekankan pada proses pembinaan.

Deklarasi Sekolah Ramah Anak SMP Negeri 1 Bangsri diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Sekolah Ramah Anak dan pelepasan burung merpati sebagai simbol kebebasan berekspresi, dan mempunyai keinginan kuat untuk mewujudkan cita-citanya. Deklarasi Sekolah Ramah Anak Digelar di SMP 1 Bangsri

Ua

blank

blank