blank
Sekretaris Jenderal Kemenag) RI, bersama  Bupati Blora menyerahkan kartu “Blora Mengaji”. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Kabar bahagia datang untuk para guru ngaji di Kabupaten Blora. Pasalnya Jumat pagi (09/04/2021), Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof Dr H Nizar Ali, MM bersama  Bupati Blora, H Arief Rohman SIP, MSi, telah meluncurkan kartu “Blora Mengaji”.

Peluncuran dilangsungkan di di Pendopo Rumah Dinas Bupati, ditandai dengan menekan video wall dan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan dari LPQ, FKDT, FKPP, FKPAI dan Penyuluh ASN. Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati, Sekjen Kemenag, perwakilan Kakanwil Jateng, Kankemenag Blora, dan Bank Jateng Cabang Blora.

Bupati H Arief Rohman dalam sambutannya menyatakan, peluncuran kartu “Blora Mengaji” ini merupakan salah satu bagian program kerja 99 hari.

“Program Blora Mengaji yang kita ini dengan launching kartu Blora Mengaji ini sebagai salah satu upaya kita dalam pembangunan sektor rohani. Selain pembangunan lahiriah dengan membangun infrastruktur, pembangunan rohani untuk akhirat juga harus dilakukan. Ini kita tujukan untuk guru madrasah diniyah, TPQ dan guru-guru ngaji lain, tidak hanya agama Islam tapi juga sekolah minggu dan lainnya,” ungkap Bupati.

Menurut Arief, dengan kartu “Blora Mengaji” ini, nantinya insentif tahunan dari Pemkab untuk para guru ngaji dan guru sekolah agama lain (selain islam) bisa masuk.

blank
Sekretaris Jenderal Kemenag) RI, bersama  Bupati Blora, H. Arief Rohman, melaunching atau meluncurkan kartu “Blora Mengaji”. Foto: Ist

“Jumlahnya memang belum besar, sementara ini masih Rp 400 ribu. Kedepan akan kita upayakan menjadi Rp 1 juta. Semoga saja anggarannya mencukupi. Untuk saat ini yang sudah terdata sekitar 8000’an guru calon penerima yang datanya kita ambil dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, kerja sama dengan Bagian Kesra Setda Blora,” jelas Bupati.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Jateng Cabang Blora yang telah membantu pengadaan kartu “Blora Mengaji” ini. “Sebenarnya kartu ini belum siap di-launching, namun karena hari ini ada kunjungan Pak Sekjen maka kemarin kita koordinasikan dengan Bank Jateng dan sorenya ada kabar bisa dilakukan. Sehingga hari ini bisa kita luncurkan bersama dan harapannya sudah bisa dipakai sebelum lebaran. Maturnuwun Bank Jateng,” tambah Bupati.

Ke depan, Bupati juga ingin memperluas sasaran manfaat kartu “Blora Mengaji” ini. Pihaknya meminta agar Bagian Kesra Setda dan Kemenag Blora bisa mendata seluruh hafiz hafizah (para penghafal Alquran) dan imam masjid, serta rumah ibadah lainnya untuk bisa diusulkan menjadi penerima.

“Selain untuk menyalurkan insentif tahunan, kita juga akan coba kemungkinan kartu “Blora Mengaji” ini untuk di-link kan dengan BPJS Ketenagakerjaan dan bisa untuk mengambil kredit modal di Bank Jateng. Regulasinya akan kita pelajari untuk dikerjasamakan nanti,” pungkas Bupati.

Sedangkan Sekjen Kemenag RI, Prof Nizar Ali pun mengapresiasi gagasan Bupati Blora dalam melaksanakan program Blora Mengaji dan kartu “Blora Mengaji”.

“Kami mewakili Pak Menteri dan keluarga besar Kementerian Agama sangat menyambut baik serta mengapresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Bupati dan jajarannya yang telah mencanangkan Blora mengaji ini untuk mendukung implementasi visi misi Kementerian Agama. Di tengah kondisi pandemi dan sosial politik seperti ini, program ini hadir menjadi salah satu solusi yang menentramkan hati. Blora luar biasa,” ucap Prof Nizar Ali.

Usai peluncutan dilanjutkan dengan pengarahan ASN di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora oleh Sekjen Kemenag RI.

Kudnadi-wied