blank

SEMARANG-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mata Kuliah Umum Universitas Semarang (USM) menggelar Pelatihan Terjemahan bagi Guru di SD IT Al Mawaddah dengan Menggunakan Google Translate baru-baru ini.

Tim terdiri dari Hetty Catur Ellyawati, S.S., M.Hum sebagai ketua, sementara anggota terdiri Stefani Dewi Rosaria, S.S., M.Hum, dan Yessy Aprilia Waluyo, S.S., MHum.
Acara yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini berlokasi di jalan Dempel Baru Raya no 17 Mukti Harjo Kidul Kecamatan Pedurungan.

Menurut Catur kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang guru dari berbagai jenjang kelas di SD IT Al Mawaddah dan berusaha mengoptimalkan keberdaan teknologi untuk mendukung kegiatan guru.

“Kami berusaha mengoptimalkan keberadaan teknologi untuk mendukung kegiatan para guru terutama dalam hal belajar mengajar” ungkap Catur.

“Memang tidak semua guru butuh menerjemahkan dalam Bahasa Inggris, tetapi ketika ada kebutuhan menulis dalam bahasa tersebut untuk urusan sekolah maupun pribadi, karena ada beberapa guru yang ternyata suka menulis cerpen maupun novel, maka google translate bisa menjadi pilihan untuk membantu guru tersebut dalam hal alih Bahasa” tambahnya.

Catur menambahkan hasil terjemahannya butuh editting, tapi selama kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggrisnya lumayan, bisalah membantu.

Hetty Catur, ketua pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang juga merupakan Dosen Bahasa Inggris di USM Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM ini mengaku senang dengan respon dari para guru karena mengikuti kegiatan dengan antusias.

Pihak sekolah SD IT Al Mawaddah yang diwakili oleh Kepala Sekolah, Muhammad Irwan Susilo, S, Pdl. Menyambut baik Kegiatan pengabdian seperti ini karena sangat bermanfaat untuk para guru dalam mengembangkan pembelajaran.

Saiful Hadi – USM