Petugas gabungan melakukan apel sebelum pelaksanaan operasi di ruang-ruang tahanan. Foto : hana eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Tanggal 27 April diperingati sebagai hari bhakti kemasyarakatan. Untuk mempersiapkannya, petugas gabungan dari unsur TNI, Polres dan Rutan Klas IIB Purwodadi melakukan razia di kamar-kamar para tahanan.

Sebanyak 60 kamar warga binaan pemasyarakatan (WBP) dirazia petugas Selasa malam (6/4/20210).

Dalam operasi yang berlangsung dua jam ini, petugas tidak menemukan benda-benda yang berbahaya seperti senjata tajam atau narkoba. Hanya beberapa benda seperti korek api, kayu, dan amplas yang ditemukan di salah satu ruang tahanan. Ketiga benda ini kemudian diamankan petugas.

Kepala Rutan Kelas II B Purwodadi Solichin mengatakan, operasi gabungan ini dilakukan guna mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan. Menurutnya, ada beberapa rutan yang ditemukan narkoba, serta potensi tindakan terorisme.

”Banyak peredaran narkoba dan adanya terorisme di luar sana. Operasi ini dilaksanakan untuk menganggulangi kejadian yang tidak diinginkan. Malam tadi saat razia hanya ada korek, amplas, dan kayu. Untuk barang terlarang lainnya nihil,” tuturnya Selasa (6/4) malam.

Selain melaksanakan razia, 20 tahanan melaksanakan tes urine. Foto : hana eswe.

Tes Urine

Selain melakukan razia, sebanyak 20 WBP binaan dipilih secara acak untuk melakukan tes urine. Hasilnya, semua WBP ini dinyatakan negatif narkoba.

Kasubsi Pelayanan Tahanan, Heri Dwi Siswanto menerangkan, saat ini jumlah penghuni rutan ada 199 orang. Rata-rata terlibat dalam kasus pencurian.

Hana Eswe.

 

 

Foto :