Oleh : Zainuddin, S.Pd.

Dewasa ini, kita semua tahu penyebaran Virus Corona terus saja terrjadi tak terkecuali di Indonesia. Juga di Jepara. Berbagai macam upaya telah dilakukan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Pemerintah Indonesia telah mengambil sejumlah kebijakan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Utamanya adalah memprioritaskan kesehatan dan keselamatan rakyat. Bekerja, beribadah, dan belajar cukup dari rumah.

Kepala SDN 7 Karanggondang, Sri Khasanah, S.Pd.

Aturan belajar dari rumah menjadi kewajiban bagi seluruh sekolah, bahkan pemerintah tegas akan memberikan sanksi apabila ada sekolah yang masih nekat mengizinkan pembelajaran tatap muka.

Hal ini tentu menjadi sebuah dilema besar bagi dunia Pendidikan. Guru dituntut untuk menyajikan pembelajaran tanpa tatap muka yang efektif, efisien, dan tidak membosankan.

Seperti yang diungkapkan Gage dan Berliner dalam teori behavioristik, “Guru perlu melakukan beberapa proses, seperti memberikan dorongan supaya siswa merasakan rasa ingin tahu, melakukan stimulus untuk meningkatkan keaktifan siswa, dan melakukan penguatan (reinforcement).”

Dewan guru SDN 7 Karanggondang

Cara Menggunakan

Beruntung, saat ini ada berbagai sarana untuk mempermudah guru, salah satunya dengan menggunakan Microsoft Sway. Aplikasi baru yang dikembangkan oleh Microsoft Office yang memungkinkan guru berbagi presentasi yang interaktif.

Dalam Microsoft Sway tersedia fitur-fitur yang menarik dan mumpuni untuk mendukung pembelajaran daring yang kita lakukan. Lantas bagaimana mulai menggunakan Sway? caranya :

Masuk Untuk mulai menggunakan Sway,   kunjungi sway.office.com melalui browser manapun, lalu klik masuk di bilah menu atas. Jika diminta masukkan alamat email yang ingin digunakan dengan Sway. Kita dapat menggunakan akun gratis dari Microsoft. Atau akun organisasi yang diberikan oleh sekolah. Di sini kami memanfaatkan akun guru inovatif yang pernah didapatkan pada TOT Microsoft 365. Jika belum memiliki akun bisa mendaftar gratis melalui www.microsoft.com/account untuk mendaftar secara gratis.

Mengenal Alur Cerita Sway, Pada halaman Sway Saya yang terbuka setelah masuk, klik Buat Baru untuk membuat Sway pertama kita. Buatlah Alur Cerita dengan mengetik, menyisipkan, mengedit, dan memformat konten. Konten disusun secara berurutan dengan  menambahkan kartu, yang masing-masing memuat tipe konten yang diinginkan, seperti teks, gambar, video, bahkan dokumen.

Berikan Judul Sway, Beri judul Sway yang ditampilkan di kartu pertama pada Alur Cerita, lalu ketikkan deskripsi singkat yang bermakna, karena saat Sway dibagikan nanti judul ini akan menjadi hal pertama yang dilihat siswa kita.

Tambahkan Gambar dan Teks Ke Sway, Untuk menambahkan konten ke Sway, seperti teks, gambar, atau video, klik ikon + di bagian bawah kartu yang ada. Kita juga bisa menyeret teks dan gambar langsung ke Alur Cerita.

Tambahkan Konten ke Sway, Sway juga dapat mencari konten yang paling relevan di web, seperti video lalu menambahkannya ke Sway anda. Pada bilah menu, klik Sisipkan pilih sumber konten yang diinginkan dari menu, lalu masukkan kata kunci ke dalam kotak Cari.

Lihat Pratinjau Sway, kita dapat melihat pratinjau pekerjaan yang berlangsung kapan saja dengan mengKlik tab Desain. Dengan melihat Pratinjau , kita dapat melihat tampilan Sway bagi orang lain saat dibagikan nanti. Untuk menikmati tampilan Sway sepenuhnya, klik tombol Putar pada bilah menu atas.

Mengubah Gaya Sway, Sway memungkinkan kita focus pada hal yang akan disampaikan dengan mengatur pemformatan, desain, dan tata letak konten. Untuk memilih gaya Sway, klik Desain lalu pilih Gaya, untuk menampilkan Sway secara acak pilih Remix. Untuk dapat  menyesuaikan dengan gaya tertentu yang saat ini diterapkan, seperti warna, font, dan tekstur dengan mengklik tombol Sesuaikan di panel Gaya.

Bagikan Sway, bersiap untuk membagikan Sway ke seluruh dunia atau hanya ke orang-orang tertentu? Klik Bagikan pada menu atas, kemudian pilih cara yang diinginkan untuk berbagi Sway. Pilihan pada menu ini tergantung pada tipe akun yang digunakan untuk masuk ke Sway. Sway siap digunakan dimana saja.

Bersama siswa SDN 7 Karanggondang dalam penggunaan Microsoft Sway

Siswa Antusias

Microsoft Sway bisa diakses menggunakan smartphone. Guru tidak perlu khawatir siswa merasa bosan, dan berujung tidak mengerjakan tugas yang diberikan. Karena guru mampu menampilkan storytelling yang didesain khusus untuk mengubah dan menyajikan informasi yang menarik, modern, dan impulsif.

Penggunaan Microsoft Sway untuk siswa di SD Negeri 7 Karanggondang, terbukti mampu meningkatkan antusias dan kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas. Indikasi yang ditemukan adalah siswa selalu bertanya kepada guru dan menantikan materi yang akan dibagikan, meskipun tak dipungkiri masih ada satu atau dua siswa yang masih saja tidak disiplin. Namun, pada akhirnya siswa yang tidak disiplin ini tetap akan mengerjakan tugas meskipun terlambat.

Menurut Sri Khasanah, S.Pd.SD, Kepala SD Negeri 7 Karanggondang, “ Ketidakdisiplinan tersebut terjadi karena terkendala smartphone yang tidak dimiliki, yang notabene merupakan barang mahal dan bukan utama kebutuhan.”

Namun hambatan tersebut bisa teratasi dengan bergabung bersama teman yang memiliki fasilitas itu.  Fenomena tersebut sungguh menggembirakan. Mengingat, situasi sebelumnya kebalikan dari yang dicapai saat ini.

Seluruh dewan guru SD Negeri 7 Karanggondang pun berjanji akan selalu belajar hal-hal baru yang bermanfaat untuk meningkatkan minat dan kualitas belajar siswa. Karena nyata, dengan memanfaatkan sedikit teknologi dan pengetahuan, mampu memantik gairah siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Penulis adalah Guru SD Negeri 7 Karanggondang