blank
Yuniwati Yuventia selaku asesor ujian sertifikasi pustakawan Perpustakaan Nasional. dok

SEMARANG (SUARABARU.ID)- UPT perpustakaan Universitas Semarang mengadakan Pelatihan Uji Kompetensi Sertifikasi dan Digital Library untuk Pustakawan dan Staf Perpustakaan Universitas Semarang.

Pelatihan yang diadakan di laboratorium komputer FTIK USM selama 2 hari yaitu Rabu (31/3) dan Kamis (1/4/2021) tersebut diikuti seluruh pustakawan dan tenaga teknis, baik dari perpustakaan pusat maupun perpustakaan fakultas dengan narasumber Ibu Yuniwati Yuventia dan A Noer Adhi Prasetyo.

Yuniwati Yuventia selaku asesor ujian sertifikasi pustakawan Perpustakaan Nasional sekaligus pustakawan senior dari Universitas Diponegoro memberikan materi sekaligus motivasi kepada para pustakawan USM sekaligus memberikan beberapa strategi-strategi jitu untuk lolos sertifikasi Perpustakaan Nasional.

Pustakawan Senior USM, Noer Adhi Prasetyo menyampaikan penguatan materi terkait dengan penggunaan aplikasi SLiMS untuk manajemen perpustakaan USM.

Ketua UPT Perpustakaan USM, Khoirudin mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pustakawan dilingkungan USM sesuai dengan klaster yang ada.

Menurutnya, kegiatan ini sekaligus menjawab aturan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dalam bidang perpustakaan dimana para pengelola perpustakaan (pustakawan) dan tenaga teknis perpustakaan harus memiliki sertifikasi sesuai standar kompetensi yang dimiliki.

Dia berharap, pada tahun 2021 ini pustakawan USM dapat lulus Sertifikasi LSP Pustakawan Perpustakaan Nasional.

”Semoga dengan adanya pelatihan ini para pustakawan dan tenaga teknis di lingkungan USM dapat mempersiapkan diri untuk sertifikasi perpustakaan nasional dan memiliki manajemen perpustakaan yang baik guna meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan di lingkungan civitas akademika USM,” ungkapnya.

Ryan/Muha