Prodi Bahasa Inggris UMNU Kebumen bekerja sama dengan Hotel Mexolie menggekar pelatihan berbahasa inggris bagi karyawan hotel.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Maarif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bekerja sama  dengan  Mexolie Hotel.

Bentuk kegiatannya pelatihan bahasa inggris pada sektor pelayanan kepada masyarakat atau turis mancanegara yang ada di Kebumen. Khususnya perhotelan yang menjadi tempat penginapan wisatawan.

Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang juga Wakil Rektor II  UMNU Kebumen  Hastri Firhamawan MPd menerangkan, kegiatan tersebut  sejalan dengan keinginan Kabupaten Kebumen dalam meningkatkan potensi sektor pariwisata. Pelayanan hotel  harus bisa multi bahasa, utamanya berhasa Inggris sebagai bahasa internasional. Hotel tidak bisa dipungkiri merupakan sektor  penting sebagai fasilotas penunjang  pariwisata.

Peserta pelatihan berbahasa inggris di Hotel Mexolie Kebumen merupakan staf karyawan hotel berjumlah 10 orang, terdiri dari elemen/ divisi kerja  housekeeping department, Front office department, Marketing department, dan other divisions. Sedangkan  metode yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, bermain peran, dan praktek.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMNU Kebumen Alek Andika MPd berharap melalui  pelatihan bisa memperkuat dari sisi grammar dan basic english serta  peserta mampu membedakan antara formal dan dasar bahasa inggris.

English Zone

Rencana Tindak Lanjut (RTL)  kegiatan tersebut bervariasi,  dimulai dari internal hotel karena bahasa jika tidak dibiasakan akan mudah lupa. Secara follow up internal bisa diterapkan dengan  konsep English Day ataupun English Zone yang ini bisa membiasakan berbahasa inggris. Harapan lebih lanjut kerja sama ini bisa saling membantu dalam hal penelitian bagi mahasiswa UMNU Kebumen di Hotel Mexolie.

Susilaningtyas HRD Hotel Mexolie Kebumen menyatakan,  ke depan kerja sama antara UMNU Kebumen dan hotel bisa dilanjutkan lagi, dengan peserta yang berbeda. “Pada kesempatan ini ingin kami berikan kepada seluruh teman-teman dan seluruh lini  di Hote Mexoliel. Kami  mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan telah memberi ilmu yang sangat bermanfaat..”

General Manager Hotel Mexolie Dody Wijayanto menyampaikan kepada para peserta pelatihan setelahnya diharapkan memperoleh manfaatnya. Sebab semuanya harus sadar bahwa kita sudah terjun di hospitality yang kesehariannyaseharusnya sudah berbahasa inggris. Dody juga mengucapkan terima kasih kepada UMNU Kebumen yang telah memberikan ilmu kebahasaan kepada kami.

Pengabdian kepada masyarakat bertempat di ruang Jati Hotel Mexolie Kebumen dimulai tanggal 1 sampai dengan 30 Maret 2021. Dilakukan secara luring/ tatap muka dengan memperhatikan protocol kesehatan Covid-19.

Kepala UPT Perpustakaan dan Humas UMNU Kebumen Ari Susanto SIP menjelaskan, fasilitator pelatihan terdiri dari dosen. Di antaranya Hastri Firharmawan MPd., Alek Andika MPd.,  Endah Mitsalina, MPd., Hellaisna Nuraini Garwan, MPd., Atik Muhimatun A., MPd., dan Dwi Heriyanto MPd.

Komper Wardopo