blank
Ketua KONI Kota Semarang, Arnaz AA, saat memberikan pembekalan di bidang kehumasan cabang olahraga. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Informasi perkembangan cabang olah raga khususnya atlet, dinilai sangat penting untuk diketahui. Hal ini terkait dengan keingintahuan masyarakat akan perkembangan kondisi cabor dan atletnya.

Dengan begitu akan menumbuhkan kepercayaan stakeholder kepada masing-masing cabor dan atletnya. Seberapa potensialkah cabor itu dan atletnya bila terus dikembangkan.

Hal itu seperti yang disampaikan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara, saat membuka diskusi bertema Penguatan Kehumasan Cabang Olahraga, di Aula Kantor Kecamatan Banyumanik, Senin (5/4/2021).

BACA JUGA: Dirlantas Polda Jateng: Saat Mudik Lebaran, Kendaraan Luar Dilarang Masuk Wilayah Jateng 

”Sebagian besar masyarakat masih awam pada beberapa cabang olah raga. Ini menjadi kewajiban humas cabor, untuk mengenalkan olah raga yang digeluti beserta atletnya. Masalah komunikasi masih menjadi persoalan bagi humas. Dengan penguatan ini, kami berharap humas cabor bisa lebih berperan,” kata Arnaz, di sela-sela acara.

Menurut dia, bidang humas merupakan bagian penting dalam perkembangan olahraga. Humas berperan meningkatkan popularitas sebuah cabor. Hal itu juga sebagai upaya untuk menggandeng pihak ketiga menjadi sponsorship.

”Berapa pun dana hibah yang diberikan pemerintah, tidak akan cukup. Jadi KONI dan cabor harus membuat inovasi menggaet sponshorsip. Itu bisa terjadi, jika cabor dikenal dan profesional dalam pengelolaan organisasinya,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan ini Ferry Sataryanto menambahkan, penguatan bidang humas ini, untuk menguatkan sinergi cabor dengan KONI dan masyarakat.

”Humas harus lebih maksimal dalam mendapatkan data. Setidaknya tahu apa yang menjadi kebutuhan wartawan. Komunikasi dengan media akan lebih maksimal,” tukas Ferry.

Riyan