blank
Rombongan goweser menyusuri rute yang menantang, dengan bonus pemandangan indah dan udaya yang sejuk. Foto: dok/ist

SALATIGA (SUARABARU.ID)– Komandan Korem 073/Makutarama dan Wali Kota Salatiga bergabung bersama ratusan penggemar sepeda dari berbagai komunitas asal Kota Semarang dan Salatiga, melakukan gowes bareng pada Sabtu (3/4/2021).

Rombongan pesepeda itu menyusuri beberapa jalan protokol di Kota Salatiga dan sebagian wilayah Kabupaten Semarang.
Mereka menempuh perjalanan kurang lebih 30 km, dmulai dari halaman rumah Dinas Wali Kota Salatiga.

Usai kibasan bendera start, rombongan selanjutnya menyusuri beberapa jalan protokol di Kota Salatiga, mulai dari Muncul-Banyubiru-Kota Abarawa dan berakhir di Bandungan, Kabupaten Semarang.

BACA JUGA: Banser Blora Amankan Rangkaian Hari Raya Paskah Bersama TNI dan Polri

Komandan Korem 073/Makutarama, Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, di sela sela kegiatan menyatakan senang dengan kegiatan ini. Karena menurut dia, olah raga bersepeda menjadi salah satu sarana menuju sehat.

Oleh karena itu dia ingin ajang ini terus dilakukan secara rutin. Apalagi di tengah situasi pandemi covid 19 ini, masyarakat butuh sehat di antaranya dengan olahraga bersepeda.

”Kami pribadi puas dengan jarak tempuh dari Kota Salatiga hingga Bandungan di Kabupaten Semarang. Meski jalan naik turun, namun rata-rata goweser cukup kuat menempuh perjalanan. Mudah mudahan ide gowes bareng ini dapat berlangsung rutin,” kata Danrem Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo.

BACA JUGA: Kapolres Pastikan Ibadah Paskah di Kebumen Aman Kondusif

Sementara itu, Wali Kota Salatiga, Yulianto, yang juga menggemari olahraga bersepeda menambahkan, meski cukup melelahkan karena rute yang naik turun, tetapi dia menyatakan senang, hingga sampai tujuan di Bandungan.

”Alhamdulillah, bersama kawan kawan dari Kota Semarang dan masyarakat Salatiga, bisa guyup berolahraga sepeda, sehingga semua pihak senang sampai tujuan akhir di Bandungan. Sekaligus melihat pemandangan sekitarnya di dua daerah bertetangga ini,” tutur Yulianto.

Penggagas gowes dua wilayah Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang ini, Yudi Indras Wiendarto menyampaikan, pihaknya mengambil rute menantang ini, karena pemandangan di sekitar jalan dua wilayah yang ditempuh peserta itu, sangat bagus. Termasuk pula objek wisatanya yang bisa diniknati peserta gowes.

BACA JUGA: Ciptakan Peduli Lingkungan, Bersihkan Makam Keramat

Anggota Komisi E DPRD Jateng ini mengungkapkan, akan terus berupaya mengajak masyarakat untuk berolahraga sepeda, di tengah pandemi covid-19 yang belum reda ini.

”Ternyata pemandangan Kota Salatiga dan Ambarawa ini asri, dengan hawa yang sangat sejuk. Kondisi ini membuat goweser betah saat menulusuri jalan yang dilalui,” jelas Yudi lagi.

Dia pun yakin, nantinya akan semakin banyak yang bergabung dalam kegiatan gowes bareng ini.

Sigit PR-Riyan