blank
Kepala Perwakilan IZI Jawa Tengah, Djoko Adhi Saputro (depan kiri) saat meresmikan sumur bor di Desa Brengkol, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo. Foto: Dok/ist

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah meresmikan sumur bor di dua dukuh di Desa Brengkol, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo.

Kedua dukuh tersebut yakni Dukuh Keputihan dan Dukuh Sigenuk yang terletak di bagian utara Desa Brengkol, dimana secara geografis merupakan dataran tinggi dan berbatu kapur. Sehingga saat kemarau wilayah tersebut kesulitan mendapatkan air, dan jika musim hujan tiba, mereka mengandalkan sumur delik (tersembunyi) yang kecil.

Kegiatan tersebut merupakan program ‘Gotong Royong dengan Zakat Atasi Bencana’, yang kali ini membantu pengadaan sumur bor.

Diketahui, sumur bor serta sarana air bersih dengan pipanisasi disalurkan ke rumah masing-masing warga. Namun untuk meteran dibebankan kepada warga, agar mereka saling merasa memiliki dalam pengelolaan air bersih warga di Desa Brengkol.

Kepala Desa Brengkol, Kecamatan Pituruh, Bibit Turasmi menyatakan syukur atas bantuan pengeboran dan sarana air bersih untuk desanya. “Kami ucapkan terimakasih atas bantuan dari IZI dan segenap donatur yang sudah membantu pengeboran sumur di desa kami,” ujar Bibit, Minggu (4/4/2021).

Kepala Perwakilan IZI Jawa Tengah, Djoko Adhi Saputro berharap program ini bermanfaat untuk warga setempat. Dirinya sangat bersyukur bisa bersinergi dalam program ini.

Menurut Djoko, kedua sumur bor tersebut mampu mengaliri sekitar 330 KK dalam 10 dukuh. “Mudah-mudahan wilayah ini tidak akan kekeringan lagi,” ungkap Djoko.

Poniman, salah satu warga yang sudah mendapatkan air bersih hingga ke rumahnya mengaku senang dan bersyukur. Karena sudah puluhan tahun baru bisa mengakses air bersih dengan mudah. “Terimakasih IZI Jateng, bantuan air bersih ini sangat bermanfaat,” ucapnya.

Ning