blank
Tim bersih-bersih pantai di Desa Bondo

JEPARA (SUARABARU.ID) – Desa Bondo  memiliki beberapa tempat wisata alam, salah satu diantaranya adalah pantai bondo. Pantai Bondo ini merupakan aset yang sangat besar sebab keindahan alamnya. Namun, karena musim hujan menyebabkan gelombang laut yang tinggi sehingga menyeret sampah-sampah ke pantai.

Hal ini mendorong  para pemuda-pemudi desa Bondo untuk melakukan kerja sosial dalam rangka membersihkan sampah-sampah yang berserakan didaerah pantai tersebut. Juga membersihkan daerah disekitar,  diantaranya  makam pendiri-pendiri desa Bondo yaitu makam Mbah Sayyid Abdurrahman dan juga makam mbah Suto. Dua makam ini dikenal sebagai makam keramat.

blank
Membersihkan pelataran makam keramat di Desa Bondo

Kegiatan kerja sosial ini melibatkan banyak organisasi desa Bondo diantaranya adalah IPNU-IPPNU desa Bondo, Ikatan Remaja Masjid Erwe Sembilan (IRSAN) dan juga Karang Taruna. Selain membersihkan pantai dan juga makam kegiatan ini juga di fungsikan sebagai ajang untuk kerekatan antar anggota dalam organisasi.

Juga untuk membangun hubungan   antar sesama organisasi di desa agar lebih solid sekaligus bentuk dari kepedulian para pemuda terhadap lingkungan sekitar.

“Saya sangat senang kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar, semoga kesolidan ini terjalin untuk seterusnya bukan hanya untuk kegiatan ini saja tapi untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya” ujar Aji salah satu anggota IPNU PR desa Bondo yang juga ikut berpatisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan makam di desa Bondo.

Dari kegiatan tersebut diharapkan bisa menginspirasi para pemuda-pemudi agar selalu peka terhadap lingkungan sekitar.

Hadepe – Eko