blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat panen udah di BBPBAP Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID)- Dengan potensi  garis pantai sepanjang 83 kilometer, Jepara memiliki potensi perikanan yang luar biasa. Oleh sebab itu  Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak warga masyarakat untuk mengembangkan bidang kelautan dan perikanan, termasuk perikanan budidaya.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Jepara Dian Kristiandi Sabtu, (3/4/2021) siang saat mendampingi Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden Hasbullah Ahmad, melakukan panen raya udang vaname, di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara.

blank
Bupati Jepara Dian Kristiandio saat dampingi Sektrtaris Dewan Pertimbangan Presiden Hasbullah Ahmad panen udah vaname di BBPBAP Jepara

Hadir juga Direktur Produksi dan Usaha Budidaya Dirjen Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan  Arik Hari Wibowo, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Jepara, Dian Kristiandi

“Selama ini masyarakat ogah-ogahan untuk melakukan pengembangan perikanan budidaya. Namun, hari ditunjukkan bahwa dengan teknologi yang dikembangkan saat ini hasilnya sangat luar biasa,” kata Dian Kristiandi.

blank
Bupati Jepara saat mengunjungi BBPBAP Jepara

blank

Untuk itu, bupati mengajak kaum milenial sebagai untuk terjun dan menekuni budidaya perikanan. Baik perikanan tangkap maupun budidaya di Kabupaten Jepara. “Untuk produksi perikanan tangkap pada tahun 2020 saja mencapai lebih dari 11 ibu ton,” ujar Bupati Jepara .Kita juga memiliki nelayan sekitar 8.613 orang dengan kapal rata-rata berukuran 5 GT,tambahnya

Ia juga menjelaskan, perikanan  budidaya yang  terdiri dari budidaya air tawar, air payau dan air laut  memiliki. “Luas perikanan budidaya air tawar lebih dari 83 ribu hektar dan air payau seluas lebih dari seribu hektar dengan jumlah pembudidaya sebanyak 1.285 orang yang tergabung dalam 192 kelompok,” ungkapnya.

“Tahun 2020 produksi udang mencapai lebih dari 2 ribu ton, sedangkan produksi lele mencapai lebih dari 7 ribu ton,” kata Andi.

Untuk lebih memaksimalkan potensi perikanan, ia juga mengajak para nelayan atau pembudidaya untuk membentuk kelompok-kelompok usaha berupa koperasi sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya sendiri.

Selain udang, orang nomor satu di Jepara itu juga melakukan panen lele di Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Mulia pimpinan Heri Ashari di Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo. Kegiatan panen ikan dan lele ini menunjukkan besarnya potensi perikanan di Jepara.

Sebelum panen raya, juga diserahkan bantuan calon induk lele dari Kementerian Kelautan, Balai Riset Pemuliaan Suka Mandi kepada 4 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan), di Kabupaten Jepara.

Hadepe