BLORA (SUARABARU.ID) – Bupati Blora, H Arief Rohman SIP, MSi pada Sabtu pagi (03/04/2021) menghadiri Silahturrahim dan Deklarasi Jamiyyah Mudarasatul Quran Al Hafidzah (JMQH) Kabupaten Blora di pendopo rumah dinas.

Bupati mengapresiasi dan mengajak seluruh anggota JMQH Kabupaten Blora untuk mendukung program Blora Mengaji “Satu Desa Satu Hafidz Hafidzah”.

“Alhamdulillah pagi ini Pendopo Kabupaten Blora kedatangan para penghafal Alquran yang tergabung dalam organisasi JMQH. Ternyata jumlahnya sudah banyak dan tersebar di seluruh kecamatan. Tolong saya nanti minta datanya untuk mendukung program Satu Desa Satu Hafidz Hafidzah,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, program pembangunan di Kabupaten Blora tidak hanya fokus pada pembangunan fisik atau lahiriyah saja namun juga pembangunan mental spiritual atau rohaniah melalui peningkatan pendidikan keagamaan.

“Jadi tidak hanya memikirkan dunianya saja, tapi juga kita bangun akhiratnya. Kami ingin kedepan anggota JMQH ini bisa tersebar di masing-masing desa guna menumbuhkan gerakan membaca Alquran agar Blora kedepan semakin berkah, jauh dari segala bentuk bencana, serta memiliki akhlak yang mulia,” sambung Bupati.

Bupati juga ingin keberadaan organisasi JMQH Kabupaten Blora ini nantinya bisa memberikan warna baru dan bermanfaat untuk masyarakat dengan beragam kegiatannya.

“JMQH ini khusus untuk ibu-ibu, semoga ke depan secepatnya segera menyusul untuk para hafidz laki-laki,” pungkasnya.

Sementara itu, Hj Nur Farhati SAg, Ketua Panitia Penyelenggara, Silahturrahim dan Deklarasi Jamiyyah Mudarasatul Quran Al Hafidzah menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan jajarannya yang telah memfasilitasi terselenggaranya Silahturrahmi dan Deklarasi JMQH Kabupaten Blora.

“Alhamdulillah, maturnuwun Pak Bupati dan jajaran yang telah memfasilitasi kami. Sampai saat ini anggota JMQH tercatat 456 orang tersebar di 16 Kecamatan se Kabupaten Blora. JMQH ini adalah organisasi perkumpulan penghafal Alquran khusus perempuan. Selain mengaji, kita juga berharap kedepan bisa membantu dakwah keagamaan,” terang Hj. Nur Farhati, S.Ag, yang juga Ketua JMQH Kabupaten Blora ini.

blank
Peserta Silahturrahim dan Deklarasi Jamiyyah Mudarasatul Quran Al Hafidzah Kabupaten Blora di pendopo rumah dinas Bupati. foto: Ist

Pada kesempatan itu,  pelaksanaan Silahturahim dan Deklarasi kali ini menurutnya dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati yang diikuti 4 orang dari masing-masing perwakilan Kecamatan. Sisanya mengikuti secara daring melalui zoom meeting dan live streaming akun youtube Prokompim Blora.

Deklarasi dan pelantikan dipimpin langsung oleh Hj. Farida Sahal selaku perwakilan pengurus pusat JMQH , disaksikan Pembina JMQH Kabupaten Blora, Hj. Umi Hanik Muharror Ali.

Deklarasi juga dihadiri Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM, secara daring, serta jajaran Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI, dan para tokoh agama. Dalam acara khotmil qur’an juga dibuka oleh KH. Muharror Ali, pengasuh Pondok Pesantren Khozinatul Ulum Blora.

Adapun susunan pengurus JMQH Kabupaten Blora 2021-2025 yang baru saja dilantik, selengkapnya :
Ketua : Nur Farhati Sekretaris : Siti Chomariyah dan Aini Shofiyana Dewi, Bendahara : Salamah dan Lailatun Nikmah. Untuk Seksi Pendidikan: Nurul Mustaqimah dan Rumwini, Seksi Humas: Wadlifatul Basyriyah, Nur Ibadah, Siti Qomariyah, dan Siti Wahyuni, Seksi Multimedia : Evy Tazyinatulmillah dan Khayatun Nikmah

Kudnadi-wied