blank

Fakultas Ekonomi (FE) Unissula bekerja sama dengan Unida Gontor, UMY, IIUM Malaysia, dan Organization of Islamic Economics Studies and Though menyelanggarakan workshop (29-31/3). Workshop bertema halalpreneur for sustainable economic development tersebut diikuti oleh 188 peserta yang berasal dari Malaysia, Yemen, Brunei Darussalam, Pakistan, Nigera dan Indonesia.

Dekan FE Unissula, Prof Olivia Fachrunnisa dalam sambutan pembukaan acara mengatakan, workshop ini dirancang untuk menyiapkan para wirausahawan baik mahasiswa internal maupun eksternal FE Unissula menjadi wirausaha yang mengedepankan halal values. “Program ini berfokus pada praktek bisnis untuk penguatan sektor ekonomi halal”, ungkapnya.

Masih menurut Olivia, saat ini industri halal menjadi konsep bisnis yang sedang trending diberbagai di wilayah di berbagai dunia terutama negara- negara dengan penduduk mayoritas muslim. “Pemahaman yang semakin baik tentang agama membuat umat Islam menjadi semakin selektif dalam pemilihan produk yang dikonsumsi. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor pentingnya pengembangan halalpreneur untuk perkembangan ekonomi yang berkelanjutan”, pungkasnya.

Sambutan lainnya disampaikan oleh perwakilan Organization of Islamic Economy Study oleh Prof Abdul Ghafar Ismail. Keynote speech Prof Moha Asri Abdullah dari IIUM Malaysia. Narasumber lainnya Dr Khoirul Umam dari Unida, Dr Suryo Pratolo (UMY) dan Dr Mutamimah (FE Unissula).