blank
Dosen FTIK USM Berikan Pelatihan Pembelajaran Multimedia Kreatif Bagi Guru SD

SEMARANG– Pandemi Covid-19 membuat media pembelajaran dilakukan dengan metode daring atau online. Begitu juga dengan SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang yang sudah menerapkan media pembelajaran online dengan metode daring.

Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya kemampuan bagi Guru SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang dalam penggunaan video dalam proses pembelajaran online.

Hal inilah yang mednorong tiga dosen FTIK Universitas Semarang (USM) Ahmad Rifa’i MKom, Siti Asmiatun MKom, Astrid Novita Putri MKom melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pelatihan pembelajaran multimedia kreatif di SD tersebut baru-baru ini.

Pembelajaran multimedia kreatif merupakan salah satu media pembelajaran yang di butuhkan saat pandemic seperti ini, namun saat ini pembelajaran di SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang masih menggunakan Whatsapp.

“Media yang digunakan para Guru di SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang ini masih menggunakan media Whatsapp untuk melakukan proses belajar mengajar dengan metode online ini” ungkap salah satu dsoen USM Siti Asmiatun MKom.

“Selama ini guru memberikan penjelasan dan soal latihan menggunakan teks ataupun pesan suara dan video yang diambil secara langsung” ungkapnya.

“Hal ini disebabkan Guru di SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang masih belum bisa membuat pembelajaran multimedia kreatif dengan menggunakan komputer maupun handphone sehingga perlu memanfaatkan video editing untuk proses pembuatan materi pembelajaran untuk siswa yang lebih kreatif” tambah Asmiatun.

Sementara Ahmad Rifa’i menambahkan bahwa pembuatan materi menggunakan video ini agar memudahkan siswa dalam mempelajari materi dan dapat diputar berulang-ulang

“Metode yang digunakan dalam kegiatan “Pemanfaatan Pembelajaran Multimedia Kreatif untuk Guru SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang” yakni menggunakan metode praktik langsung dengan laptop ataupun handphone Guru dilokasi SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang” ungkap Rifai.

Pembelajaran multimedia kreatif ini memanfaatkan Microsoft power point untuk membuat materi yang menarik dan Filmora maupun Filmora Go untuk membuat video yang kreatif.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya guru-guru di SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang dapat dengan lancar membuat materi pembelajaran yang kreatif dengan menggunakan video.

Saiful Hadi – USM