blank
Pimpinan sidang pleno Kastolani menyerahkan berkas pemilihan kepada Ketua Pengcab Forki Kota Magelang terpilih Kapten Inf Hendrik Chandra Bukhori (Inkai). Di belakangnya peserta muscablub, (Doddy Ardjono)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kapten Inf Hendrik Chandra Bukhori (Inkai) terpilih  menjadi Ketua Umum Pengcab Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Magelang 2021-2025, melalui musyawarah cabang luar biasa (Muscablub) yang berlangsung di Aula Kantor Disporapar, Minggu (28/3).

Hendrik mengalahkan Kapten Czi Suprabowo (BKC)  dengan kemenangan tipis 4-3. Forki Kota Magelang beranggotakan enam perguruan, yaitu Inkai, Inkada, Inkanas, Aski, BKC dan Lemkari. Masing-masing perguruan memiliki satu suara. Sedang Pengprov  Forki Jateng memiliki satu suara.

Dalam sambutannya Ketua Umum Forki Kota Magelang terpilih mengajak semua anggotanya untuk menciptakan suasana yang baru. ‘’Saya hibahkan tubuh saya untuk kemajuan Forki Kota Magelang,’’ tegasnya.

Hendrik mengaku dirinya dengan Suprabowo adalah saudara kandung. ‘’Tidak ada lagi rival, musuh dan sebagainya. Kita sekarang bekerja sama untuk meraih prestasi,’’ ungkapnya.

Muscablub Forki Kota Magelang dibuka Wagiman dari Bidang  Organisasi Koni Kota Magelang mewakili Plt Ketua Koni Subarkah yang berhalangan hadir.

Dia mengemukakan, ketua terpilih itu pilihan anda peserta muscablub, maka harus kita pedomani.

 

blank
Dua calon Ketua Umum Pengcab Forki Kota Magelang, Suprabowo (baju putih) dan Hendrik Chandra Bukhori (merah). (Doddy Ardjono)

Wakil Ketua Umum II Pengprov Forki Jateng Adam Prabowo menjelaskan,  pengurus Forki Kota Magelang telah habis masa baktinya lebih dari enam bulan, sehingga dinyatakan kondisi khusus.

Karena itu Pengprov Forki Jateng menerbitkan SK 08/SK/FORKI JTG/III/2021 tentang Pengurus Cabang Sementara (Caretaker) Forki Kota Magelang. SK itu ditandatangani Ketua Umum Pengprov Forki Jateng H Bambang Raya Saputra SE MBA dan Sekretaris  Umum Sumartono MPd pada 15 Maret 2021.

Pengurus Cabang Sementara (Caretaker) Kota Magelang  terdiri Ketua Kastolani (Inkanas), Sekretaris Yulianto Budi Santoso (Inkada), anggota Supriyanto (Inkai), Hiuswantoro (Aski) dan Shinta Dian Ayu Pitaloka (BKC).

Tugas caretaker mempersiapkan danmenyelenggarakan musyawarah cabang luar biasa (Muscablub) Forki Kota Magelang selambat-lambatnya 30 April 2021.

‘’Yaitu memilih ketua umum dan memilih tim formatur. Ketua umum terpilih sekaligus sebagai ketua tim formatur,’’ tutur Adam.

Kabid Humas dan Media Forki Jateng I Nengah Segara Seni menyampaikan pesan khusus dari Ketua Pengprov Forki Jateng Bambang Raya Saputra.

 

blank
Kegiatan Muscablub Pengcab Forki Kota Magelang di Kantor Disporapar. (Doddy Ardjono)

Segara menuturkan, muscab proses organisasi yang harus kita lalui setiap akhir masa bakti kepengurusan. Tujuannya terbentuknya kepengurusan yang baik dengan prinsip tata kelola organisasi yang baik pula.

‘’Pengelolaan organisasi harus sesuai aturan yang berlaku (AD/ART) dan peraturan organisasi. Juga tata kelola pembinaan prestasi yang baik serta tata kelola keuangan yang baik,’’ ungkapnya.

Karena itu, lanjut mantan Redaksi Olahraga Suara Merdeka, siapapun ketua yang terpilih harus mampu menjadi leader dan manajer yang baik.

‘’Pemimpin yang baik mampu menjadi leader dan manajer yang baik. Bukan seenaknya sendiri dengan sistem komando,’’ tegasnya.

Selain itu, lanjut Segara, ketua terpilih harus memiliki kemampuan dalam menjalin relasi dan komunikasi dengan Koni Kota Magelang dan Disporapar setempat.

Ketua Umum Forki Kota Magelang terpilih yang juga ketua formatur berikut anggotanya  diminta secepatnya membentuk kepengurusan 2021-2025.

 

Doddy Ardjono