blank
Polisi sambangi proses pengolahan Kelor di Kunduran Blora
BLORA (SUARA BARU.ID)  – Kapolsek Kunduran Polres Blora Polda Jawa Tengah AKP Sudarno,SH didampingi Para Kanit dan Bhabinkamtibmas menyambangi kampung kelor yang ada di wilayah desa Ngawenombo, Sabtu, (27/03/2021).
Kampung Kelor di wilayah kecamatan Kunduran Blora tersebut adalah salah satu Kampung Konservasi Kelor bernutrisi tinggi yang ada di Kabupaten ujung timur Provinsi Jawa Tengah. Dimana kampung kelor tersebut sudah terkenal hingga keluar kota dengan produk makanan ataupun minuman yang sudah teruji klinis mempunyai nutrisi yang tinggi.
Dalam sambang tersebut Kapolsek Kunduran AKP Sudarno memantau langsung proses pengolahan daun kelor. Dimana ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk menjadikan daun kelor menjadi sebuah produk makanan atupun minuman yang bernutrisi tinggi.
Kapolsek AKP Sudarno menyampaikan bahwa dalam beraktivitas karyawan harus memperhatikan protokol kesehatan. Salah satunya adalah membiasakan 5 M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker serta menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk antisipasi Covid-19.
Tak hanya itu, Kapolsek juga memberikan motivasi kepada para karyawan agar selalu semangat dalam beraktifitas, dan jika perlu harus selalu ada inovasi produk kelor, sehingga pelangganpun tidak bosan karena selalu ada varian yang baru.
“Dengan langsung ikut membaur bersama warga, tentunya akan muncul kedekatan emosional, dan jika sudah terjalin hubungan emosi yang baik, maka akan lebih mudah untuk menggali informasi ataupun menggerakkan warga juga menyampaikan imbauan imbauan kamtibmas,” kata AKP Sudarno.
Apalagi Kampung Kelor Kunduran atau yang lebih terkenal dengan sebutan Puri Kelor Indonesia (Kelorina) ini memperkerjakan beberapa karyawan.
Disini, pengunjung tidak hanya diajari menanam kelor saja. Tetapi mulai dari pengolahan tanah, pembibitan, perawatan, pemanenan hingga pengolahannya diajarkan semuanya dengan detail.
Sehingga nutrisi kelor yang terkandung di dalam daunnya tetap terjaga dengan baik. Bahkan cara memasak kelor juga diajarkan, baik untuk sayuran, obat kesehatan, hingga aneka jajanan bergizi tinggi.
“Untuk itulah, kita disini mengajak warga agar selalu membiasakan protokol kesehatan saat beraktifitas apalagi dengan kegiatan yang padat. Ingat, Virus Corona masih belum mereda. Jadi harus selalu waspada,” tambah AKP Sudarno.
Bambang, kita satu karyawan Puri Kelorina mengapresiasi kedatangan Kapolsek ditempatnya bekerja. Siti menyampaikan bahwa dengan kehadiran petugas polisi maka, dirinya bersama kawan kawan menjadi lebih tenang, dan lebih aman.
“Tentunya dengan kehadiran petugas kepolisian kami menjadi lebih tenang,” kata Bambang.
Untuk diketahui, Puri Kelor Indonesia oleh  Bambang telah berhasil menanam kelor seluas 3 hektar sekaligus membangun Puri Kelor Indonesia (Kelorina) sebagai pusat pendidikan dan pelatihan budidaya kelor.
Pengunjung tidak hanya diajari menanam kelor saja. Tetapi mulai dari pengolahan tanah, pembibitan, perawatan, pemanenan hingga pengolahannya diajarkan semuanya dengan detail.
Sehingga nutrisi kelor yang terkandung di dalam daunnya tetap terjaga dengan baik. Bahkan cara memasak kelor juga diajarkan, baik untuk sayuran, obat kesehatan, hingga aneka jajanan bergizi tinggi.
Kudnadi
Caption:
1. Polisi sambangi proses pengolahan Kelor di Kunduran Blora