blank

Pulang Piknik, 18 Anggota Senam di Tegal Terpapar Covid-19
SLAWI (SUARABARU.ID) – Pulang dari piknik, sebanyak 18 orang warga Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal yang merupakan rombongan senam dinyatakan terpapar Covid-19.

Rombongan senam tersebut usai pulang piknik dari Purbalingga. Bahkan, salah satu di antaranya meninggal dunia.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, Eko Budi Prasrianto Prabowo, Jumat (26/3/20201) mengatakan, rombongan yang piknik ke Purbalingga merupakan kelompok senam Desa Penusupan. Rombongan menggunakan bus berangkat ke Obyek Wisata Dinoland, Purbalingga pada Kamis (11/3/2021).

“Jumlah rombongan ada 50 orang ditambah sopir dan 2 kernet bus. Setelah pulang dari Purbalingga 1 orang itu mengalami sakit dan setelah diswab ternyata hasilnya positif terpapar Covid -19,” kata Eko Budi.

Eko menambahkan setelah itu, Puskesmas dan Dinkes Kabupaten Tegal melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat dan melakukan test swab. Sampai hari Jumat (26/3/2021) sudah ada 67 orang yang sudah diambil sempel swabnya. Hasilnya, dari 67 orang itu, 18 orang dinyatakan positif, 4 orang negatif dan 45 orang masing menunggu hasil dari laboratorium.

“Semuanya sudah diswab, yakni terdiri dari rombongan piknik dan keluarganya serta sopir dan kernet bus,” tuturnya.

Lebih lanjut Eko mengungkapkan, dari 18 orang yang dinyatakan positif, 1 orang di antaranya meninggal dunia, 1 orang dirawat di RSUI Singkil Adiwerna, 7 orang dirawat di RSUD dr Soesilo Slawi dan 10 orang menjalani isolasi mandiri.

“Kita belum tahu sempel dari 47 orang ini kapan keluarnya. Kemungkinan tidak lama lagi,” jelasnya.

Surveilans Puskesmas Penusupan, Andayani, menatakan bahwa rombongan grup senam tersebut berangkat ke Purbalingga untuk mengadakan senam dan piknik ke Obyek Wisata Dinoland Purbalingga. Saat berangkatkan rombongan dalam kondisi sehat atau tidak ada yang sakit.

“Saat berangkat tidak ada yang sakit. Tapi sepulang dari piknik ada yang mengeluh sakit dan setelah diswab ternyata hasilnya positif,” kata Andayani.

Saat ini, 47 orang masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari laboratorium dan sambil menunggu hasilnya, mereka saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masih masing.

Merujuk data dari https://covid19.tegalkab.go.id/ jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Tegal per hari Kamis (25/3/2021) sebanyak 5169 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 4771 orang dinyatakan sembuh, 140 orang menjalani isolasi mandiri, 42 orang dirawat dan 216 orang meninggal dunia.

Nino Moebi