Penyerang sayap tim nasional Belgia Thorgan Hazard (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol pembalik keadaan kontra Wales dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup E di Stadion Den Dreef, Leuven, Belgia, Rabu (24/3/2021) waktu setempat. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Belgia membalikkan ketertinggalan 0-1 saat akhirnya melumat Wales 3-1 dalam laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup E di Stadion Den Dreef, Leuven, Belgia, Rabu waktu setempat atau Kamis pagi WIB.

Gol Harry Wilson yang sempat membawa Wales unggul dibalas oleh Belgia melalui Kevin de Bruyne, Thorgan Hazard dan Romelu Lukaku untuk membawa tim besutan Roberto Martinez itu menang, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu menjadi ajang revans kecil bagi Belgia yang menelan kekalahan dengan skor serupa dari Wales saat kedua tim bertemu dalam perempat final EURO 2016.

Wales memimpin lebih dulu pada menit ke-10 melalui serangan balik klinis yang diakhiri sontekan Wilson setelah menyambut umpan kiriman Gareth Bale untuk menaklukkan kiper Thibaut Courtois.

Sempat dikejutkan dengan gol tersebut, Belgia berusaha membalas tetapi setidaknya tiga peluang berlalu tak membuahkan hasil, termasuk saat De Bruyne mengirim umpan silang presisi yang disambut sundulan melambung oleh Lukaku.

Baru pada menit ke-22 upaya Belgia menyamakan kedudukan berhasil ketika De Bruyne dibiarkan terlalu leluasa setelah menerima umpan kiriman Hazard dan menyelesaikannya dengan sepakan yang melesak ke pojok kanan bawah gawang Wales.

Enam menit berselang, seketika Belgia berbalik memimpin setelah Connor Roberts terpeleset saat berusaha menghalau umpan silang Thomas Meunier sehingga memberi kesempatan Hazard menanduk bola ke gawang Wales.

Hazard kembali berusaha mengancam gawang Wales pada menit ke-32, tetapi sepakannya dari tepi kotak penalti masih melayang terlalu tinggi.

Skor 2-1 bertahan hingga turun minum dan Wales hampir menyamakan kedudukan empat menit memasuki babak kedua lewat tendangan salto Bale menyambut umpan silang Daniel James, sayang bola sepakannya masih belum menemui sasaran.

Wales terus berusaha memberi tekanan tetapi dua peluang dibuang sia-sia oleh James di area pertahanan Belgia.

Setelah berhasil meredam permainan Wales, Belgia balik mengancam lagi melalui De Bruyne yang berusaha menyambar bola muntah hasil sepakan Lukaku, sayang tembakan melengkungnya masih tipis melesat di sisi luar gawang.

Lantas pada menit ke-72, Belgia mendapat hadiah tendangan penalti setelah Mertens yang berhasil menerobos kotak terlarang mengejar bola liar malah yang memaksa Chris Mepham untuk menjatuhkannya.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Lukaku yang menjadi algojo dan memperdaya kiper Danny Ward guna memperlebar keunggulan Belgia 3-1. Gol itu sekaligus menandai torehan 13 gol dan empat assist Lukaku dalam 11 penampilan terakhirnya di Belgia.

Dua menit menjelang bubaran, Mertens hampir mengunci kemenangan Belgia lebih awal jika tembakannya tidak terlalu dekat dari jangkauan kiper Ward, tetapi Pasukan Setan Merah tetap mampu menutup laga dengan menang 3-1 atas Wales.

Dalam pertandingan Grup E lainnya yang menumpang di Arena Lublin, Polandia, Republik Ceko menghajar tuan rumah Estonia 6-2.

Tomas Soucek mengemas hatrrick dalam kemenangan Ceko kendati sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Rauno Sappinen.

Patrik Schick, Antonin Barak dan Jakub Jankto masing-masing menyumbangkan satu gol untuk Ceko, sedangkan gol hiburan penutup bagi Estonia diraih lewat Henri Anier.

Pertandingan putaran kedua Grup E akan dimainkan Sabtu pekan ini saat Belgia bertandang ke Ceko dan Belarus menjamu Estonia.

Ant/Muha