blank
Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pembicara seminar Siwo PWI melalui zoom meeting. Foto: spr

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Pandemi Covid-19 yang terjadi, seharusnya bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kesempatan. Karena sebenarnya ada peluang di tengah musibah.

Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat menjadi pembicara dalam seminar yang diselenggarakan Siwo Pusat bertajuk ‘Kiprah BUMN Menuju Sukses Prestasi, Sport Tourism & Tuan Rumah Olimpiade 2032’ di Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Menurut Sandi, yang berbicara melalui zoom meeting, masyarakat harus bangkit dari pandemi, karena ada peluang di sekitar lingkungan, untuk berinovasi dalam dunia digitalisasi.

BACA JUGA: 28 Personel Polres Kebumen Mendadak Tes Urin, Hasilnya Negatif

blank
Seminar olahraga yang diadakan Siwo PWI menghadirkan pembicara dari tiga kementerian. Foto: spr

”Saya ingin berpesan, agar dalam pandemi ini kita bukan hanya survive, namun dapat mengambil peluang untuk menjadi pemenang, dengan mengadopsi teknologi,” kata Sandiaga.

Menurut dia, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa menjadi solusi untuk bangkit. ”Pariwisata dan ekonomi kreatif yang juga melibatkan UMKM, bisa menjadi bagian dari solusi. Kita bangkitkan ekonomi dan melanjutkan pembangunan ke depan bersama, saling bersinergi antarstakeholder,” imbuh Sandi.

Menanggapi pertanyaan peserta seminar dari Sulawesi Utara, Menteri yang mantan Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) ini menyatakan, di Sulawesi Utara ada program sport tourism Likupang Ride dan Manado Ride. Even ini bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan wisatawan.

BACA JUGA: Renovasi Rumdin Bupati Terus Dikebut Agar Sebelum Lebaran Bisa Ditempati

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan, komitmen kementerian yang dipimpinnya dalam membantu pengembangan olahraga di Tanah Air sangat total.

Bantuan itu merupakan bagian dari peran strategis BUMN sebagai agen pembangunan Indonesia. ”Olahraga merupakan salah satu aspek kehidupan yang memberikan dampak langsung secara luas. Sudah tentu ini menjadi perhatian dari BUMN,” ungkap dia.

Pada akhir 2020 lalu, Kementerian BUMN sudah memberikan penugasan kepada beberapa BUMN, untuk membantu perkembangan dan pergelaran ajang olahraga prestasi di Indonesia.

Sigit PR-Riyan