blank
Dalam memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2021, para relawan memprakarsai kerja bakti massal bersih-bersih aliran Kali Krisak sepanjang 2 Kilometer.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Memperingatai Hari Air Sedunia Tahun 2021, para relawan di Wonogiri menggelar serangkaian acara yang berkaitan dengan pelestarian Sumber Daya Air (SDA).

Senin (21/3), mereka melakukan kerja bakti massal bersih-bersih sungai, menebar benih ikan dan penanaman pohon penghijauan. Bersih-bersih sungai, dilakukan di alur Kali Krisak sepanjang dua Kilometer.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, bersamaan itu juga menebar benih ikan di perairan umum, dalam rangka pelestarian sumber hayati.

Relawan FPRB
Relawan yang melakukan kegiatan peringatan Hari Air Sedunia ini berjumlah 200 orang lebih. Mereka terdiri atas para relawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB).

blank
Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, tampil memimpin apel para relawan dalam memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2021.

Turut serta para relawan dari berbagai komunitas se Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, relawan Desa Singodutan, personel dari BPBD Wonogiri, aparat Kecamatan Selogiri dan aparat Desa Singodutan.

Para personel dari Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Jateng juga mengikuti acara ini bersama aparat dari Cabang Dinas Kehutanan Jateng. Juga dari Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri, dan warga masyarakat di sepanjang bantaran Kali Krisak.

”Tujuannya membangun kesepahaman tentang pentingnya sungai bagi kehidupan dan penghidupan,” tegas Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto. Sekaligus sebagai upaya menjaga konservasi dan kelestarian alam.

 

Bambang Pur