blank

SEMARANG– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM) melakukan kegiatan pengabdian dengan melakukan pendampingan pada pelaku usaha jahe alang-alang instan di Pesanggrahan Kelurahan Mlatibaru Kecamatan Semarang Timur baru-baru ini.

Tim pengabdian diketuai oleh C. Tri Widiastuti, SE., MM dengan anggota Guruh Mulia Widayat, SE., MM dan Dhina Kharisma, S.Pd., MM dengan melibatkan dua orang mahasiswa Elisa Teguh Prasetiyani dan Diaz Fajar Ilyasa.

Pelaku usaha yang menjadi mitra dalam kegiatan adalah industri rumahan minuman jahe alang-alang instan yang diketuai oleh ibu Yasmin Nugroho, minuman yang diproduksi berbahan baku jahe.

Pada masa pandemic Covid-19, minuman jenis ini banyak dicari masyarakat karena berlomba-lomba ingin melakukan hidup sehat sehingga daya tahan tubuh dan imunitas tetap terjaga.

“Mitra kegiatan berupaya agar produknya memiliki daya simpan yang lama, praktis dan efisien melalui jahe instan berbentuk serbuk. Mitra juga berupaya meningkatkan kuantitas penjualan dan diterima pasar di tengah kondisi pandemic” ungkap Dhina.

Dhina menambhakan tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan mitra terkait penggunaan media online untuk pemasaran produk yang familiar di lingkungan masyarakat.

“Dengan pengetahuan yang dimiliki mitra, dapat menambah media untuk memasarkan produk yang efeisien dan efektif. Kegiatan pengabdian dengan memberikan pelatihan pembuatan media online pemasaran produk. Materi pelatihan media online mencakupi: 1) Whatsapp (WA), merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan pengguna mengirim pesan, dokumen, gambar, panggilan gambar serta video tanpa menggunakan pulsa” tambahnya.

Media ini efektif membantu pelaku usaha memasarkan produknya dengan mudah dan lebih luas jangkauannya karena hampir semua orang menggunakan Whatsapp; 2) Facebook, melalui konten yang bermanfaat diberikan secara berkala tanpa harus melalui promosi akan mampu membentuk image tersendiri.

Media facebook menjadi tempat yang sangat prospektif untuk menyediakan produk dan layanan dengan jangkauan yang luas dan cepat berinteraksi dengan banyak orang; 3) Instagram, media sosial berbasis gambar dan video singkat in sangat efektif untuk menarik perhatian para penggunanya dengan menggunakan gambar dan video unik.

Dengan pemasaran online, jangkauan promosi semakin luas dan tidak terbatas, konsumen dapat dengan mudah menemukan produk jahe alang-alang instan yang di jual melalui media online.

Kegiatan pengabdian tidak hanya pelatihan, tim PkM Universitas Semarang juga memberikan pendampingan berkala kepada mitra. Mitra dipantau secara periodik untuk melihat perkembangannya dan dilakukan evaluasi terhadap implementasi hasil pelatihan.

Besar harapan kegiatan ini memberikan dampak yang positif peningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sinergitas ini terus berlanjut.

Saiful Hadi – USM