Di dalam perahu ada meja besar. dini kita bisa ngopi sambil makan mi. Atau bagi yang suka bisa sambil bernyanyi, karean tersedia juga fasilitas karaoke. Foto: Widiyartono R.

Naik Perahu Sambil Ngopi dan Karaoke

Mengunjungi Sebangau tentu tak lengkap bila tidak melakukan “susur sungai” dengan naik perahu. Ada beberapa jenis perahu, misalnya perahu kelotok, perahu cepat (speed boat), atau memilih perahu ponton yang berukuran besar.

Sewa perahu antara Rp 150.000 hingga Rp 500.000 tergantung jenisnya. “Kita naik perahu ponton saja Om. Sambil menyusur sungai kita bisa minum kopi atau makan mi instan,” kata Anthony Shalom Kaber yang menemani kami berwisata sore itu.

Benar, ternyata perahunya cukup besar. Hamidah, perempuan awak perahu mengatakan, kapasitas muat bisa 17 orang. “Kalau harga sewa per orang Rp 20 ribu. Tetapi kalau disewa khusus Rp 500 ribu,” kata Hamidah yang ditemani Iban, sepupunya.

Sembari menikmati perjalanan, kita bisa sambil ngopi di anjungan perahu. Foto: Wied

Dikatakan, susur perahu ini membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Start dari dermaga kemudian berkeliling menyusuri aliran sungai berwarna hitam, di antara tanaman pandan. “Bapak mau pesan kopi atau makan indomi?” tanyanya.

Saya pun memesan kopi, sementara anak-anak Anthony Shalom memesan mi instan. Meskipun namanya kapal, tetapi di dalamnya ada meja besar seperti meja makan. Kemudian ada dapur untuk memasak air, membuat mi instan atau kopi.

“Kalau Bapak suka, bisa juga karaoke,” kata Hamidah sambil memasang kabel pada ponselnya dan menyambungkannya ke sound system yang tersedia. Mengalunlah lagu-lagu, dan kita bisa bernyanyi, ngopi, makan mi, sambil menyusur sungai. Ah, eksotiknya……