Perahu ponton melaju pelan, melintas di antara tanaman pandam yang berukuran cukup tinggi. Foto: Widiyartono R

SEBANGAU, nama tempat itu. Sebuah tempat di Desa Kereng Bangkirai  sekitar 15 menit perjalanan dari kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Ada sebuah tepian sungai yang sangat eksotik, dengan tanaman pandan rasau (Pandan helicopus).

Pandan ini adalah sejenis tanaman pandan yang bisa mencapai ketinggian dua hingga tiga meter. Ia juga menghasilkan buah yang bentuknya bila dilihat dari luar mirip buah nangka. Tanaman inilah yang tumbuh di sepanjang sungau, tak hanya di tepian, tetapi juga bahkan di tengah sungai.

Tanaman ini makin menjadikan Sungai Koran yang juga dikenal sebagai Sungai Sebangau sangat eksotis. Air sungainya sendiri berwarna hitam. Semula, saya menduga warna hitam itu tampak hanya karena dipenuhi tanaman pandan, sehingga lensa mata kita seakan melihat airnya berwarna hitam.

Ternyata, setellah diambil menggunakan ember berwarna cerah, airnya tetap berwarna hitam. Ternyata, inilah air yang memang sejak jutaan tahun lalu mengalir di daerah gambut. Keberadaan tanah gambut itulah yang menjadikan air berwarna hitam.