blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Unissula memperkuat jaringan kerja sama internasional di bidang kesehatan dengan penandatanganan nota kesepahaman/MoU antara Unissula dengan Taipei Hospital, Taiwan (18/3).

Acara penandatanganan secara daring dengan memperkenalan seluruh tamu yang hadir di masing-masing pihak. Pemimpin delegasi Taipei Hospital Shun-Ping Cheng selaku superintendent menghadirkan beberapa direktur program.

Rektor Unissula Bedjo Santoso PhD bersama wakil rektor, dekan dari fakultas-fakultas kesehatan, dan UPT Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI).

Cheng menyambut baik kerja sama antara kedua institusi. Taipei Hospital mempunyai sebuah badan yang bernama Taiwan International Healthcare Training Centre (TIHTC). Melalui TIHTC, Taipei Hospital telah melatih sebanyak 1800 tenaga kesehatan internasional dari 71 negara.

lebih lanjut Cheng berharap lebih banyak tenaga kesehatan professional dari Indonesia, khususnya dari Unissula  bergabung atau berkolaborasi dengan TIHTC.

Senada Cheng, Rektor Unissula Bedjo Santoso  mengapresiasi  kerja sama tersebut. tujuannya merangkul empat fakultas kesehatan (Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, dan Fakultas Psikologi).

Ia berharap agar kerja sama tersebut segera ditindaklanjuti dengan beberapa program seperti visiting professor, joint research, dan joint publication.

Sebelum penandatanganan, Taipei Hospital sudah terlibat dalam beberapa kegiatan kolaborasi dengan Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Terbaru, pada 13 Maret 2021 yang lalu kedua pihak telah sukses menyelanggarakan seminar internasional bersama. Diharapkan akan banyak kegiatan kolaborasi di masa mendatang.

Sol/Tim Unissula