blank
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. 2 February 2021. Antara

TOKYO (SUARABARU.ID) – Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menerima dosis pertama vaksin Covid-19 pada Selasa (16/3/2021), dalam persiapan untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bulan depan.

Sekitar 80 hingga 90 pejabat Jepang akan divaksin sebelum berangkat ke AS awal bulan depan, dan Suga akan menjadi pemimpin dunia pertama yang bertemu Biden sejak dia menjadi presiden.

“Tidak sakit,” kata Suga kepada wartawan setelah mendapat suntikan vaksin, Selasa (16/3/2021).

Baca Juga: PBB Bantu 12 Peradilan Siapkan Kasus Kejahatan Perang Suriah

Seorang dokter memeriksa mata dan tenggorokannya sebelum Suga menerima suntikan di lengan kirinya.

Jepang memulai kampanye inokulasi Covid-19 bulan lalu dengan dosis impor vaksin Pfizer Inc/BioNTech.

Taro Kono, menteri yang bertanggung jawab atas program vaksinasi Jepang, telah fokus memberikan vaksin kepada petugas kesehatan dan mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Baca Juga: Korut Peringatkan AS “Jangan Bikin Kesal” Kalau Ingin Damai

Kono mengatakan bahwa Kaisar Jepang Naruhito, yang baru berusia 61 tahun, harus menunggu gilirannya, tetapi kaisar sebelumnya yang telah pensiun dan berusia 87 tahun akan berada di kelompok pertama program vaksinasi.

Suga (72) telah berjanji akan memberikan dosis yang cukup untuk 126 juta penduduk Jepang pada Juni, sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo pada 23 Juli 2021. Pasokan vaksin telah mengalir dari pabrik Pfizer di Eropa, tetapi diperkirakan akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

Jepang telah memberikan sedikitnya satu suntikan vaksin kepada lebih dari 290.000 orang hingga Senin (15/3/2021).

Ant-Claudia