blank
Bupati Temanggung M Al Khadziq saat mempresentasikan tentang konservasi air di depan tim Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Foto: Istimewa

TEMANGGUNG(SUARABARU.ID)- Kabupaten Temanggung menjadi wakil Indonesia sebagai calon penerima penghargaan di bidang konservasi air. Yakni,  Environmentally Sustainable City Award dari Sekretariat ASEAN.

“Salah satu alasan Kabupaten Temanggung dipilih mewakili Indonesia, yakni dinilia mampu menjaga kualitas baku mutu air dan mampu menjamin akses yang baik bagi penduduk terhadap air bersih,” kata Bupati Temanggung saat presentasi di depan Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Khadziq mengatakan, hingga saat ini masyarakat di wilayah Kabupaten Temanggung juga masih  memiliki tradisi kuat untuk menghormati sumber-sumber air.

Menurutnya, Pemkab Temanggung juga dinilai serius dalam menjaga kualitas lingkungan hidup. Yakni,  dengan adanya gerakan desa bebas sampah serta gerakan konservasi sabuk gunung yang melibatkan seluruh pemerintah desa dan semua unsur masyarakat.

Ia menambahkan, pihaknya telah mempresentasikan berbagai program tentang konservasi air dan  gerakan bebas sampah dan konservasi lingkungan hidup.

“Setelah presentasi di depan di depan Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Novrizal  Tahar dan tim panelis, hasil presentasi akan dikirim ke Sekretariat ASEAN,” katanya. Yon