blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Kemendikbud semakin serius menerapkan program Kampus Merdeka yang dicetuskan awal tahun lalu sebagai bentuk dari kemerdekaan belajar siswa-siswi Indonesia.

Salah satu kegiatan segera dimulai adalah Program Kampus Mengajar yang menjadi sarana bagi mahasiswa dari seluruh program studi dan perguruan tinggi di Indonesia.

Program ini dapat memberikan kontribusi, membuat perubahan, serta menjadi kesempatan mereka untuk dapat mengembangkan diri.

Sasaran program Kampus Mengajar ini adalah anak-anak sekolah dasar di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan).

Setelah melalui seleksi yang ketat dan panjang, Kemendikbud akhirnya mengumumkan para peserta yang lolos  mengikuti program Kampus Merdeka Angkatan I Tahun 2021.

Tiga mahasiswi PGSD Universitas Islam Sultan Agung itu  yakni Dewi Susilowati, Sinta Fitriani, dan Galuh Gandes Murwani, mahasiswi semester 6 yang memang dikenal aktif serta berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Mereka mulai mengikuti kegiatan pembekalan Angkatan I mulai tanggal 15-20 Maret 2021. Kemendikbud akan menyediakan bantuan pembayaran UKT, uang saku, dan pengakuan konversi mata kuliah sebesar 12 SKS bagi ketiganya dan juga peserta lain yang terpilih.

Ketua Program Stdu PGSD Unissula, Dr. Rida Fironika Kusumadewi, M.Pd. menyatakan, Sebuah kebanggaan bagi prodi PGSD Unissula karena ada tiga mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan I ini.

“Saya sangat berharap ilmu yang telah mereka tuntut selama 6 semester ini akan menjadi bekal berharga untuk dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi bagi pendidikan dasar Indonesia” , kata Rida, di Semarang (21/3).

Saya juga berharap keikutsertaan dalam program ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi mereka serta menjadi inspirasi bagi adik-adik kelas mereka untuk dapat pula mengikuti kegiatan serupa di masa mendatang.

Tak lupa, Dekan FKIP Unissula, Dr. Turahmat, M.Pd. juga menunjukkan kebanggaannya terhadap prodi PGSD karena telah berhasil membimbing mahasiswa-mahasiswanya untuk aktif dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang digagas oleh Kemendikbud.

Beliau juga berharap bahwa kesempatan ini akan menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan sekaligus memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang tidak bisa mereka dapatkan hanya dari belajar di kampus.

Kemendikbud telah membuka pintu bagi mahasiswa untuk dapat berkecimpung secara nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, dan program Kampus Mengajar Angkatan I ini adalah awal dari jalan panjang menuju cita-cita agar pendidikan Indonesia menjadi lebih baik.(Laporan : Andarini P)

Suarabaru.id/ Andarini