blank

Mahasiswa Unissula yang tergabung dalam kelompok 226 mengadakan KKN tematik di desa Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Mereka adalah Zulfa, Fina Alfaini Nafisah, Sri Susanti, Alfi Naqma Lutfia, dan Prayogi Setiawan.

Menurut dosen pembimbing Dr Marno Nugroho (15/3) tema KKN tematik tahun 2021 ini yaitu pemberdayaan masyarakat dengan adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi.
Adaptasi kebiasaan baru ditekankan pada perilaku masyarakat dalam berinteraksi agar mematuhi protokol kesehatan berupa 5 M yaitu selalu pakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta tetap di tempat bila tidak melakukan kegiatan yang tidak perlu dan mendesak.

Peserta KKN secara rutin berkeliling ke wilayah Desa Gebang dengan mengedepankan dialog persuasif kepada warga dan perangkat desa tentang pentingnya 5M sembari membagikan buku saku penanganan Covid 19. Tidak jarang peserta KKN mendatangi pertemuan Bapak-bapak atau ibu-ibu dengan jumlah terbatas mensosialisasikan protokol kesehatan.

“Melalui kerjasama dengan pemuda peserta KKN membantu pembuatan taman desa serta memberikan bimbingan belajar bagi para siswa SD hingga SMA. Sebagian dari warga juga belajar tentang pembukuan keluarga. Memberikan materi yang mudah dipahami dan mendekatkan dengan persoalan sehari-hari sebagaimana pembelajaran di Unissula menjadi ruh pengajaran kepada masyarakat. Diharapkan setelah program KKN ini selesai masyarakat mampu melanjutkan program tersebut untuk lebih baik lagi”, pungkas Marno.