blank
Gelandang Marseille Florian Thauvin (kiri) melakukan selebrasi bersama pelatih kepala Jorge Sampaoli (kanan) seusai mencetak gol ke gawang Brest dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Velodrome, Marseille, Prancis, Sabtu (13/3/2021) waktu setempat. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Dua gol yang dicetak pada menit-menit akhir mengunci kemenangan Marseille atas Brest dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-29 Liga Prancis di Stadion Velodrome, Marseille, Prancis, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Kedua gol yang dicetak Florian Thauvin dan Mickael Cuisance itu memenangkan Marseille, setelah gol pembuka keunggulan mereka lewat Arkadiusz Milik sempat disamakan oleh Brest melalui Lilian Brassier.

Hasil itu menjadi angin segar bagi era baru Marseille di bawah kepelatihan Jorge Sampaoli yang meraih kemenangan di dua laga pertamanya.

Marseille sementara naik ke posisi kelima klasemen dengan koleksi 45 poin, sedangkan Brest (34) tak beranjak dari urutan ke-13, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Dalam 10 menit pertama Marseille tampil agresif tetapi tembakan Yuto Nagatomo dan Milik masih belum menemui sasaran.

Marseille terus memperlihatkan permainan yang dominan, tetapi mereka baru mampu membuka keunggulan pada injury time babak pertama saat Milik menyelesaikan umpan Dimitri Payet dengan tembakan jarak jauh.

Babak kedua diawali oleh Marseille dengan sama baiknya, tetapi peluang Pol Lirola dari tengah kotak penalti masih bisa dihalau barisan pertahanan Brest.

Lirola kembali gagal memanfaatkan kesempatan untuk menggandakan keunggulan Marseille pada menit ke-57 setelah ia menerima umpan terobosan dari Thauvin tetapi tembakannya bisa diamankan kiper Gautier Larsonneur.

Kendati banyak tertekan, Brest yang jarang melancarkan serangan justru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-71 saat umpan tendangan bebas Romain Favre diteruskan sundulan jarak dekat oleh Brassier.

Marseille berusaha segera merestorasi keunggulan mereka tetapi tembakan Milik terhalau dan Larsonneur mengamankan sundulan tajam Duje Caleta-Car.

Kerja keras Les Phoecens akhirnya membuahkan hasil dua menit jelang bubaran waktu normal ketika Thauvin mampu menyelesaikan umpan Luis Henrique untuk menaklukkan Larsonneur demi membuat Marseille kembali unggul 2-1.

Lantas pada menit kedua injury time, Cuisance memastikan kemenangan Marseille menjadi 3-1 lewat gol keduanya musim ini dengan menyambut umpan silang Henrique.

Bulan madu Marseille dan Sampaoli akan diuji ketika mereka bertandang ke markas OGC Nice pada Jumat (19/3) pekan depan, sedangkan Brest dua hari kemudian bakal menjamu Angers di Francis-Le Ble.

Ant/Muha